Saat itu saya lulus NTU(Nanyang Technological University), Singapore

Tahun 2007

Sekolah di SMA favorit se kota Padang sudah kudapatkan. Lalu pertanyaan selanjutnya yang ada di dalam pikiranku adalah “di universitas apa saya akan melanjutkan pendidikan”. Hampir semua teman-teman sudah sibuk memikirkan mau melanjutkan ke perguruan tinggi apa. Tidak hanya sekedar sibuk memikirkan, tetapi juga berusaha belajar dengan giat agar lulus SPMB (sekarang namanya SNMPTN). Tidak sedikit temanku yang ikut bimbel sana sini, pulang malam demi mengejar cita-cita.

Kondisi mereka sangat berbeda dengan aku. Aku tidak mau mengikuti bimbel manapun. Ada beberapa alasan kuat bagiku untuk tidak ikut bimbel. Pertama, hanya menghabiskan uang saja, karena pelajaran yang diberikan sama saja dengan yang disekolah, bahkan aku rasa tidak perlu bimbel, cukup belajar sendiri saja. Kedua, menghabiskan waktu muda, karena bimbel menyita banyak waktu. Saya lebih senang bermain bola atau melakukan hobi-hobi lainnya. Terkadang melihat teman-teman yang belajar gila-gilaan demi SNMPTN, aku merasa seperti tidak punya cita-cita, padahal aku sebenarnya sudah punya rencana jauh ke depan.

Kondisi lingkungan memaksaku untuk ikut-ikutan bimbel layaknya siswa SMA kelas 3. Aku memberi tahu mama bahwa aku ingin ikut bimbel bersama teman-teman. Mama mendaftarkan aku ke Nurul Fikri, tempat bimbel yang cukup populer saat itu, tahun 2006. Setelah dua kali pertemuan, aku bilang ke mama bahwa aku ingin keluar bimbel. Mama heran dengan kelakuanku, bagaimana tidak, seminggu lalu minta masuk bimbel, sudah dibayar penuh, sekarang minta keluar. Hal yang membuat saya keluar adalah:

  1. Saya tidak merasa tidak cocok dengan sistem pengajaran di bimbel. Bimbel hanya mengajarkan cara mengerjakan soal dengan cepat, tanpa menanamkan konsep dengan baik. Hal ini sama sekali tidak sesuai dengan idealismeku.
  2. Hanya membuat badan capek saja. Lebih baik belajar sendiri di rumah, bisa sambil ngemil, sambil main gitar, dan sambil tidur-tiduran.

Bagiku waktu itu ada hal yang lebih menarik di bandingkan SNMPTN, yaitu Entrance Examination NTU, Singapore. Aku mengenal NTU sejak kelas 3 SMP. Waktu itu guru fisika kelasku bercerita tentang anak olimpiade yang kuliah di NTU, beliau juga menceritakan senior kami yang lulus di NTU. Beliau adalah Pak Syahirman, guru fisika SMPN 1 Padang yang terkenal killer, bahkan tidak segan-segan menampar dan menendang siswanya. Namun di balik itu semua, beliau adalah guru yang pintar memotivasi siswanya. Salah satu siswanya yang termotivasi untuk masuk NTU adalah Neo Enriko.

Sejak kelas 3 SMP, NTU adalah target utamaku. ITB dan UI adalah target cadangan. Aku mendaftar di NTU secara online melalui http://www.ntu.edu.sg. Lalu membayar uang pendaftaran sebesar SGD30 dengan menggunakan bank draft, waktu itu aku membayar melalui bank BII. Setelah melakukan pembayaran, lalu mengirimkan berkas-berkas pendaftaran melalui pos ke Admission office NTU.

Aku juga apply beasiswa NTU dan Sembawang scholarship. Pendaftaran beasiswa ini terpisah dengan entrance exam. Syarat pendaftaran beasiswa tersebut adalah, kita harus mendaftar di NTU terlebih dahulu. Dengan menggunakan bukti pendaftaran, aku apply beasiswa NTU dan Sembawang. Aku sangat berharap dapat beasiswa ini, karena untuk kuliah dengan biaya sendiri aku tidak sanggup. Uang kuliah/tahun adalah SGD22.000, belum lagi biaya asrama per semester sebesar SGD450, dan biaya hidup lainnya.

Entrance Examination NTU dilakukan di Kolese Canisius, Jakarta. Dengan penuh semangat aku berangkat dari Padang ke Jakarta demi mencapai cita-cita. Singkat cerita, aku tidak lulus tes masuk NTU. Kesalahanku adalah pada subjek matematika, aku terlalu banyak menghabiskan waktu di bagian fisika, sehingga lalai mengerjakan soal matematika.

Tahun 2008

Tidak lulus NTU berarti berikutnya adalah masuk ITB melalui SPMB. Singkat cerita, saat tahun pertama di ITB, aku mencoba menembus Entrance Examination NTU untuk kedua kalinya. Untuk kali ini, aku optimis bisa lulus, karena kau sudah mempersiapkan semuanya dengan baik. Aku memilih jurusan Computer Engineering, sehingga ujian yang harus aku ikuti adalah matematika, fisika, dan bahasa inggris. Lokasi tes masih sama dengan tahun lalu , yaitu di Kolese Canisius, Menteng, Jakarta.

Berkat kegigihan, kerja keras dan doa, akhirnya aku lulus di Computer Engineering NTU. Waktu itu, aku sedang istirahat siang, setelah kuliah kalkulus. Aku sengaja pulang ke kost untuk membaca email, berharap ada email dari admission office NTU. Alhamdulillah… aku sangat senang ketika membaca email yang menyatakan aku lulus! Dalam waktu yang singkat berita menyenangkan ini menyebar ke teman-temanku.

Beberapa hari kemudian, acceptance letter sampai di rumahku, di Padang. Aku sangat bahagia dan bangga bisa lulus di NTU, tahun ini hanya aku yang lulus NTU, diantara alumni dan siswa SMA 1 Padang.

my acceptance letter

Namun ada berita yang tidak sesuai dengan harapan, aku menerima email dari NTU scholarship yang isinya menyatakan bahwa saya tidak lolos seleksi beasiswa. Memang untuk mendapatkan beasiswa di NTU sangat susah, bahkan temanku satu tim olimpiade fisika nasional yang mendapatkan medali emas sekalipun tidak lulus seleksi NTU Scholarship.

Suatu sisi aku kecewa, namun ada setitik harapan. NTU memberi tawaran study loan dan mengambil tution grant from ministry of education singapore. Saat itu aku sangat percaya diri untuk mengambil study loan, sehingga aku melanjutkan proses berikutnya, yaitu daftar ulang, pendaftaran asrama, dan akun student. Sementara itu aku terus berpikir, hal yang paling berat dalam pikiranku adalah tentang study loan. Ketentuan study loan adalah, aku harus mengganti semua biaya yang diberikan setelah lulus kuliah, total yang harus aku bayar adalah kira2 SGD 80.000/540.000. Jumlah segitu jika aku mengambil tution grant dari ministry of education singapore, karena uang kuliah yang awalnya SGD 22.000 disubisidi menjadi SGD11.000.  Konsekuensi lainnya adalah ikatan dinas di perusahaan singapore selama 3 tahun.

Bagiku hal tersebut tidak masalah, aku bisa struggle, lagian dengan bekerja di singapore, biaya sebanyak itu bisa dilunasi dalam waktu tiga tahun. Sebenarnya ada senior SMAku yang punya pengalaman serupa, beliau mengambil study loan ini. Aku menghubungi mereka-mereka yang kuliah di NTU dan yang sudah menjadi alumni. Di sisi lain, mama kurang setuju jika aku mengambil loan ini, mengingat banyaknya amount yang harus saya bayar ketika sudah lulus kuliah. Mama mengatakan bahwa memang soal melunasi loan tsb mudah, namun kita menjadi tidak merdeka. Kuliah dengan dibayang-bayangi loan kepada negara Singapore, berarti kita merdeka. Di sisi lain, papa mendukung pertimbanganku untuk mengambil loan tersebut, biasa, papa berpikir menggunakan logika, sedangkan mama banyak menggunakan perasaan.

Bagi seorang berumur 18 tahun, membuat loan sebesar SGD80.000 kepada pemerintah singapore adalah big deal. Saat itu aku sangat bimbang, sementara itu aku terus melanjutkan proses administrasi pendaftaran ulang. Aku sudah punya nomor mahasiswa, akun mahasiswa, reservasi asrama. Akhirnya aku memutuskan untuk tidak mengambil kesempatan besar ini, aku menghibur diri dengan mengingat bahwa aku sudah dapat kursi empuk di STEI ITB. Lalu aku mengajukan withdrawal kepada NTU.

Tidak berapa lama, ada perasaan menyesal di hatiku, empat tahun aku menunggu kesempatan ini. Sebenarnya ada plus minus pada setiap pilihan. Sebelum memutuskan, aku dan mama membuat list of plus and minus. Lalu mama menyuruhku untuk menimbang semua plus dan minus setiap keputusan.

Keputusan yang aku buat adalah murni keputusanku, tidak ada paksaan dari orang tua. Apapun keputusanku, papa dan mama akan support. Namun begitulah keputusanku. Aku belajar banyak hal dalam mengambil sebuah keputusan. Tidak ada keputusan atau pilihan yang salah. Yang salah adalah jika kita mengambil keputusan tanpa dasar pemikiran dan alasan yang jelas. Apapun hasil atau akibat dari keputusan tersebut, kita harus terima. Walaupun akibat dari keputusan yang kita buat pada akhirnya tidak menyenangkan, kita tidak boleh menyesal. The most important is, we choose the right thing when considering., whatever the result is not our concern, accept it and make it on the right track.

Setidaknya kelulusanku di NTU membuat sekarang lebih percaya diri, karena tidak mudah untuk lulus sebagai international student di NTU pada jenjang S1. Untuk jenjang S2, bisa dikatakan lebih mudah, lihat saja bejibun mahasiswa kita yang lulus S2 di luar negri, bukan hal yang spesial. Ini menjadi motivasi bagiku, aku tidak ingin mengambil S2 di universitas yang biasa-biasa, aku ingin melakukan hal yang luar biasa. Targetku adalah S2 MBA di Harvard Business School dan S2 Industrial&System Engineering di Massachuset Institute of Technology.

Ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, bantulah aku menggapai cita-citaku.. 

Note: berikut link materi dan soal yang saya punya, semoga dapat membantu adik2 yang mau kuliah di NTU, https://db.tt/jFxLVbKt

About these ads

294 thoughts on “Saat itu saya lulus NTU(Nanyang Technological University), Singapore

  1. HEI KA ,, aku usia 17 tahun . dan sebentar lagi masuk kuliah . tapi aku sedang mencari tahu tentang NTU . maksud dari kata melunasi semua biaya setelah kita lulus nanti itu maksudnya gimana ya ka . dan kita terikat kontrak kerja selama 3 tahun di singapore . aku benar-benar ingin mengetahui lebih banyak tentang NTU . dan kalau boleh aku meminta , disana kaka pasti melalui hidup tidak lah mudah . cerita apasaja yang paling terkesan yang membuat kaka selalu termotifasi untuk sukses . thanks ka . kalau mau berbagi bersama . kaka boleh post ke email aku = deborabhora@ymail.com . thanks ya ka saya minta tolong penjelasannya .
    GBU

    • Hai Debora.. Kaka bales lewat blog ini aja ya, sapa tau ada yg punya pertanyaan yg sama, jadi sekalian bisa baca.
      Brarti km kelas 2 SMA ya skrg?
      Jadi gini, di NTU ada 3 jalur pendanaan:

      1. Biaya sendiri
      Kalau punya rejeki yang berlebih, yaa bisa dengan biaya sendiri. Uang kuliahnya sekitar SGD 22.000 ~ Rp 154.000.000. Asrama SGD 450/month. Makan di kampus kira2 SGD 2-3/makan.

      2. Beasiswa Full
      Ada beasiswa full dari beberapa beasiswa, contohnya Sembawang Scholarship. Kalau ini uang kuliah diabayarin, uang saku, uang buku, uang makan, uang kost komputer dll. Tapi ikatan dinasnya lebih lama, 6 tahun.

      3. Tution Grant + Loan
      Beasiswa ini kita dibayarin uang kuliah sebanyak 80%, oleh ministry of education singapore. Sisanya kita ambil Loan(pinjaman). Konsekuensi dari Tution Grant yang kita terima yaitu kerja di singapore selama minimal 3 tahun. Lalu Loan yang kita ambil itu lah yang harus kita bayar setelah mulai kerja. Bunganya berjalan sejak kita mulai kerja.
      Loan itu terdiri dari 20% uang kuliah, uang saku+makan, uang asrama, dll.

      Info lebih lengkapnya ada di http://www.ntu.edu.sg

      Hidup penuh perjuangan dek, apapun yang kita inginkan butuh usaha yg bner2. Motivasi yang paling bagus itu motivasi yang dtg dari diri sendiri. Cara memelihara motivasi: cari tmen yang punya motivasi tinggi juga, tmen yang rajin, lalu sering baca2 biography org yang udh sukses. Sering datang seminar yang membuka wawasan, sering baca (apapun). Itu lah yang membuat KK selalu termotivasi.

  2. ass kak, skarang aku udah naik kelas 3, and kepengen bgt mau masuk ntu. yg ingin ak tanya kak,biasanya pmbukaan pndaftarannya kapan ya kak? lalu lewat cara apa,and gimana.. trus seperti apa format email yg kita kirim kak? dan persyaratannya apa saja? bagaimana cara mndptkan beasiswanya kak? aku masih punya banyak pertanyaan kak, bisa hub ke hurt4994@rocketmail.com ya kak, ak sangat berharap kakak membalasnya, krna ak bner2 ga ngerti sama miskin infonya kak. thanks.

    • To: Karina
      biasanya pendaftaran buka bulan desember-januari. daftarnya lewat websitenya NTU, online. Trus bayar admission fee SGD30, pakai bank draft, trus bukti pembayaran dan supporting document dikirim pakai post ke NTU Sing. Kalau udah daftar NTU, baru bisa apply buat beasiswa. Ntar kalau udh lulus tes NTU, bakal lanjut untuk tes beasiswanya.
      Oh ya, ak dah kirim email k kamu, cek it out ;)

  3. tambahan kak, boleh ga ak minta email kaka? soalnya aku ada tugas wawancara kak dari skolah, its my honour jika seandainya kakak bersedia :-) besodes pertanyaan ku emg bnyk bgt kak. trims kak.

  4. hi ka Neo.. aku anak baru lulus SMA ni. hehe.. biasa, sibuk cari kulyahan. Btw, selamat ya.. keren bsa masuk NTU. hehe.. mmmm, ka gmna sih daftar di NTU, susah ga ngurusnya? ga sengaja baca wacana ttg universitas di singapur, eh, aku tertarik bgt ma NTU. apa lg ada tek.lingkungannya. share dong ka.. aku awam bgt ni ;( pliiis

    • To Kintan
      Hai, skrg udh dapat kuliah dimana? SMA dimana?
      gampang kok ngurusnya.
      Teknik lingkungan ada, nmanya dsana environmental engineering.
      Btw, cek email km.

  5. Halo kak, kenalan. Aku Shan. Kak, aku sekarang kelas 11 akselerasi, jadi tahun depan lulus. Aku sekolah di SMA 3 Jogja, termasuk sekolah favorit se-DIY. Nah, aku pernah baca di blog, katanya sebelum NTU Entrance Test, bakal disaring dulu dengan NEM SMP dan nilai rapot SMA.
    Nah ini kak masalahnya, SMA-ku ini agak pelit nilai, jadi sebenernya dengan nilai 80 koma sekian itu udah termasuk bagus (aku ranking 12 di kelas akselerasi, dan kalau aku di reguler aku bisa sampai ranking 6 dari 32 siswa.) Padahal di blog yang aku baca, kalo cari aman paling enggak 85 koma sekian.
    Nah ini Kak ….terus gimana? Apakah penyaringan dengan NEM SMP dan rapot SMA itu ketat?
    Makasih kak, looking forward to your answer……

    • To: Shan
      Hai Shan. iya, seleksi tahap pertama yaitu nilai rapor SMA. Iya, di kelas akselerasi memang nilai segitu udah bagus, pihak NTU nya juga ngerti kok. KK dulu SMA jga kelas akselerasi. Biasanya siswa akselerasi pasti lulus tahap pertama, asalkan diatas 80 koma ya.
      Goodluck ya..

      • Pasti lulus tahap pertama? Amin banget :D Aku 80 sekian koma sekian kok Kak :p itu nilai rata2 pelajaran IPA aja atau semuanya sih?
        Oh iya aku punya beberapa pertanyaan lagi kak.
        1. Apakah tiap-tiap jurusan itu memiliki passing grade yang berbeda? Contoh: Computer Engineering sama Environmental Engineering. (Walaupun sama-sama tes matematika, fisika, dan bahasa Inggris A-Level)
        Kalau iya, berarti pemilihan program itu sangat berpengaruh ya?
        2. Terus setau Kakak, apakah boleh menyeberang penjurusan? Aku kan IPA, kalo seandainya milih bisnis gitu boleh gak ya?
        Makasih banget Kak :D

      • To Shan
        bagus dh kalo gt. Rata2 IPA aja klo ngga salah.
        Iya, tiap jurusan passingrade nya beda, computer engineering tinggi tuh. Makanya diatur juga milih jurusannya.
        oo, boleh bgt, IPA k bisnis. kalau emang tertarik di bisnis, ambil aja.
        Goodluck! :)

      • Kak, sori nongol lagi ehehehe.
        Kalo yang passing grade-nya termasuk rendah apa ya kira-kira? Aku masih bingung, gabisa kira-kira mana yang banyak peminatnya. Makasih kak :D

      • Yg rda rendah itu astronomi n mipa. Emang passing grade nya susah diliat, dr pngalaman senior2 gt.
        Powered by Telkomsel BlackBerry®

  6. ass ka Neo.
    Aku baru kelas 1 SMA nih. Saya mau nanya sedikit tentang pendaftaraan NTU nih.

    Uang kuliahnya sekitar SGD 22.000 ~ Rp 154.000.000.
    itu sampe sarjana apa bayaran per-semesternya?

  7. Trus nem smp diliat juga kak ?
    alhamdulilah nem smp saya rata” 90, kalo raport sma di liat semua pelajaran nya kak ? apa cuma mtk, english, dan ipa ?

    • saya ngga ingat pasti, tapi rasanya raport smp dulu sih ngga diminta.
      itu SGD22.000/year. Goodluck ya, semoga dapat di NTU :)

    • to: Aji
      Pelajarannya tergantung jurusan yang kita ambil. misalnya ambil computer engineering, ujiannya math A-level, fis A-Level, n english (standar kurikulum cambridge)

  8. Assalamualaikum kak neo
    sekarang saya duduk di kelas 3 SMA dan berniat untuk mendaftar di NTU.
    pertanyaan saya, jika lolos seleksi tahap pertama dan bisa ikut tes tertulisnya apa saja yang perlu dipersiapkan ? apakah untuk bisa lolos tes tertulis perlu ikut bimbel khusus persiapan A-Level ? atau adakah buku yang recommended untuk mempersiapkan materi yang akan diujikan ?
    mohon bantuan dan sarannya ya kak
    terima kasih :)

    • Waalaikum salam fawzia
      yang perlu dipersiapkan belajar contoh2 soal dan A-Levelnya
      buku2nya bisa di dapet dari singapore, kamu kesana atau nitip beliin atw gimana. Persiapan A-Level itu penting banget kalau kmu pngen lulus ujian tulis.
      buku yang recommended klw matematika sh kalkulus karangan purcell. kamu mending pelajari materi fisika n mat kuliah tahun 1, untuk memperkuat konsep.
      kamu SMA dimana?

      • Kak, skrg aku udah kelas 3. Aku ada minat ke NTU. Mau ngambil bisnis Aku jga mau nanya pendaftarannya di mulai dari bulan apa? syarat pendaftaran nya apa aja ya kak? Thanks kak

      • sekarang saya sekolah di SMA Semesta Semarang kak
        kalo saya belajar pake buku cambridge igcse kira kira cukup nggak ya kak ?
        kakak punya contoh-contoh soalnya nggak ?
        kalo ada saya minta tlg dikirimkan lewat e-mail ke fawzia.haznah@yahoo.com
        makasih banyak kak

      • To Fawzia:
        sepertinya cukup, dgn cambridge igcse. tapi kalau bisa pelajari lebih dalam lagi, pahami betul konsepnya.

  9. Kak, aku ada minat ke ntu
    syarat2 nya apa aja kak? Kak kalo ada info tentang ntu bsa nggak kirim ke e mail aku zanitafta22@yahoo.com
    oh ya kak, b. Inggris aku nggak fasih jadi gimana dong kak?
    disana ada pelatihan nya dulu nggak? Makasih kak

  10. Permisi,
    Saya siswa SMA Kelas XII IPA dan ingin mencoba daftar beasiswa dari NTU ini. Kalo boleh tau, untuk pengiriman Admission, persyaratannya apa aja ya? Apa saja yg harus saya sisipkan (Rapot/sertifikat yang dilegalisirkah)? Dan untuk alamatnya, harus saya kirim kemana? Kira-kira kapan ya batas (deadline) submit nya? Ada tidak situs resmi yang memberikan informasi2 tentang beasiswa ini? Terimakasih atas perhatian, kesempatan, dan jawabannya.

  11. salam kak neo. nmku fadel, sptinya kk dri smansa padang. klu iya brrti kta stu almamater. sblumnya slmat ya kk. skrang udah tmat ya? aku mau nyoba jga, tlg dishare soal2 ujiannya klu bsa.

  12. Assalamualaikum kak neo
    Kak, saya fadhli dari smansa padang dan kebetulan juga kelas akselerasi angkatan 10 yg insyaallah tamat 2013. Amin.
    Kak, boleh minta soal2 entrancenya kak?
    Sekaian juga minta tips dari kakak
    Emailnya ramaatarita@gmail.com
    Makasih kak…

  13. halo kak neo, saya siswa kelas 12 SMA, mau mencoba daftar ke NTU, habis ngebaca cerita kk.
    Apa menurut kk, lebih baik mengambil studi nanyang yang tidak jalur beasiswa daripada tidak diambil?
    menurut kk stelah menarik ksmpatan , mengambil tuition loan itu rugi atau tidak jika mengingat pengalaman, ilmu, dan lain” yg bakal kita dapat disana?

    • To Feren:
      Sebenarnya ngga ada istilah rugi mau ngambil loan atw ngga. Cuman masing2 ada konsekuensinya, there is a price you must pay for something you’re dreaming about. Sebaiknya beasiswa full yang ngga ada ikatan dinas, klw pun ada, ngga ap2 juga. Kalau ambil loan, brarti kmu ngutang ke pemerintah singapore n harus kerja di singapore, kalau kmu brani dan siap utk itu, ngga apa2. Soalnya benefit kuliah disana sangat besar, akan terasa begitu kamu lulus kuliah nanti.

      • hmm, oke . terus aku mau nanya sekalian tentang itb, kan uang pangkal selalu Rp 55jt, ada ga beasiswa setelah kita udah kuliah di itb yang bakal gantiin uang pangkal itu?

      • To Feren:
        di ITB banyak banget beasiswa, bahkan saya selama kuliah di ITB ngga pernah bayar uang kuliah, dapet beasiswa uang saku + uang kuliah dari BCA. Jadi tenang aja, asalkan rajin n berprestasi beasiswa ngikut aja. Kalo uang pangkal ngga bakalan diganti.

  14. oh iya kak, saya juga udah baca cara pendaftaran online nya, tapi masih bingung.
    langkah pertama itu apa? apa buat akun dulu? apa saya bisa buat dari sekarang?
    lalu bagian pembayaran, apa bisa lewat transfer rekening lewat ATM?
    lalu dokumen yang harus dikirim ke email mereka itu dokumen apa? apa yang pada akhirnya akan di kirim ke mereka lewat pos?
    mohon pencerahannya yah kak neo
    terima kasih

    • To Feren:
      iya, buat akun dulu, cek aja, kalau bisa, bikin aja.
      pembayarannya pakai bank draft, trus bukti bank draft nya dikirim bersama supporting document lewat pos. Pengiriman itu setelah pendaftaran online.

      • emang bikin aku apanya ya kk?
        kalau kiki tadi langsung daftar aja.
        trus kiki juga nggak ngeprint gimana dong kak. kasih saran dong. padahal udah bolak balik mastiin nggak ada yang salah. eh malah kesalahan terjadi di akhir akhir
        makasih kak

      • To Kiki:
        ada salah ngisi ya, apa th?
        coba baca petunjuk utk supporting document, apa form yg d print harus dikirim atw ngga. Kk lupa soalnya.

  15. bang, saya anak smansa kelas 3, sekaligus alumni spensa, juga pernah ditampar pak syahirman :D, pengen ngelanjutin kuliah ke NTU ngambil jurusan technical engineering (keinginan dari smp juga nih), apa aja persiapan buat ujian masuknya bang? boleh mintak soal ujian masuknya juga gak bang?
    makasiii sebelumnyaaaa :D

  16. Kak, aku udah daftar tapi lupa ngeprint gimana dong?
    aku udah coba ngebalikin lamannya tapi nggak bisa
    emang print nan formulirnya untuk apa ya kk?
    thanks

  17. Hallo ka! I just found ur blog. And I think it’s such as an inspiring blog. Aku chia, kelas 12 IPA di SMA Regina Pacis Bogor. Tadi baru aja di sekolahku ada presentasi ttg NTU. Aku boleh minta soal-soal untuk seleksi / test NTU nya gak ka? Tahun lalu kakak kelasku dapet beasiswa jg di NTU. Jadi lumayan termotivasi juga setelah baca blognya kakak hehe. Thanks in advance btw :)
    chia.seventeen@hotmail.com
    @chiaCHINTHIA

  18. Ass. kak :)
    aku skrg ini sedang duduk di kelas 11 akselerasi, dan tahun depan insyaAllah akan lulus kak. Nah, ak kemarin dapet berita kalau NTU sedang membuka pendaftaran untuk program undergraduate, ak pengen banget masuk ke NTU itu kak.
    Tapi, kemampuan bahasa inggrisku ini yang jadi penghalang kak, bisa dibilang bahasa inggrisku ini masih jelek banget.
    Apa kira2 masih ada jalan ya buat aku bisa masuk NTU kak?
    thanks kak :)

    • To Hangga:
      emang bahasa inggris penting banget d entrance exam nya NTU. Masih ada waktu beberapa bulan, kamu matian2 deh blajar bahasa inggris. Sering2 ngerjain toefl n baca textbook bahasa inggris (kaya buku kuliahan). Kalau jalan pasti ada, asal mau usaha aja.

      • Saya pernah membaca buku biografi Merry Riana, ceritanya waktu Merry Riana awal2 kuliah di NTU itu bahasa inggrisnya juga masih belum bisa dibilang bagus, tp di NTU sendiri ada program buat mahasiswa asing buat ningkatin bahasa inggrisnya
        apa sekarang juga masih ada program sperti itu ka? :)
        btw, jawab ke email aja ya, wibisanahangga@live.com
        mkasih ka

      • To Hangga:
        iya, masih belum bagus dibanding standarnya NTU/Int’l. Dia bilang blum bagus tpi kamu jangan salah arti. Ngga begitu bagusnya bukan konteks “anak SMA”. Program itu ada, cuman itu ntar kalo udah masuk NTU, yg perlu dipikirin skrg, dgn bahasa inggris kmu skrg, udh qualified blm utk msuk NTU.

  19. assalaamu’alaikum kak. saya kardi kak juga dari smansa padang.kebetulan juga saya lulusan spensa…hehe.. sekarang udah kelas 3. kak, kalo masuk ntu tu harus pakai toefl pula kak ? lalu apa bedanya kalo ujian mathematics A level dengan AO level ? trus kabar kabarnya materi tes ntu tu susah dan cukup berbeda dengan materi sekolah, gimana cara mengatasinya kak ? oh ya kalo boleh tau alumni smansa yang diterima di ntu selain kakak ada berpa orang kak ? satu lagi kak, boleh mintak soal soal ntu kak, kalo bisa juga dengan pembahasannya…………..hehe makasih banyak kak………ini emailnya : rikardi.xi_ia32011@rocketmail.com

    • To Rikardi:
      ngga perlu toefl kok. NTU punya tes inggris sendiri. AO level itu materinya beda dengan A level, kasarnya AO level itu math dasar, A level itu math IPA. Setahu kk setelah kk, smpe tahun 2011 kmaren, ngga ada lagi yg dapet NTU. Ntar kk email-in soalnya.

    • To Hilma:
      wss.. Kebanyakan anak OSN emang masuk NTU, makanya bnyak yg bilang khusus anak OSN. Kemungkinan lulus lebih tinggi kalo ada pengalaman OSN. Apapun jurusannya, asalkan rajin, ada kesempatan kok.

  20. permisi kakak, saya cuma mau bertanya untuk memperjelas, misalkan saya ingin ngambil jurusan computer science, nah, tes yang harus saya jalani itu cuma mtk, fisika, bing gitu ? atau ada yang lain ?

    makasih :D

  21. kak mau tanya, pembayaran pendaftarannya itu di bank apa ? terus ngomongnya gimana kak nnti ke banknya buat bayar pndaftarannya itu

    terima kasih :)

    • To Deva:
      bayarnya bisa di bank apa aja. Tapi saya sarankan di bank Mandiri. Bilang aja mau ngirim bank draft untuk pendaftaran kuliah di singapore. Trus kasi alamatnya, sesuai yang dikasi websitenya setelah mendaftar online.

  22. halo kak , tahun depan saya lulus SMA, dan saya rencananya pengen lanjut ke luar negeri . Pengennya ke NTU , ngambil teknik komputer . .
    Mohon dibalas ya kak ..
    1. Dokumen apa aja yg dikirim kak ? Harus ada berkas2 TOEFL nggak kak ? Soalnya searchgugel harus ada jg kak ..
    2. Berapa kali seleksi masuk kak ? Trus apa aja ?
    Mohon dijawab kak .. makasih sebelumnya :)

    • To Ronauli:
      Setelah mendaftar online, ntar bakal dapat dokumen checklist. TOEFL ngga perlu. Seleksi tertulisnya cuma sekali, abis itu kalo dipanggil untuk seleksi beasiswa ntar bakal ada wawancaranya..

    • To Laeli:
      material eng tesnya math, kimia, english, fisika saya lupa ada atw ngga. daftar aja, ntar ada dikasi tau tesnya subject apa aja.

  23. ass,bang?kalo dari ipa mau ngambil jurusan bisnis ntar soal testnya gimana?
    Oh ya,trus sekalian kirimin cnth2 soal yah bg.tq before.

    • To Kevin:
      saya juga ngga tau minimumnya brapa, tapi berdasarkan isu2nya kalau bisa benar 80%. Lebih baik lagi 100%. Salah satu lah, math atw fisika yg 100%, uda ok itu. Saya dulu fisika benar 100%.

  24. salam kenal, utk yg Tution Grant + Loan gmn y kak sistemnya? Maksudnya, 80%nya kt tdk perlu byr lg?
    bisa tlg dikirimkan contoh2 soal test masuk NTUnya? Thanks bantuannya :)

  25. assalamualaikum kak..mau nanya nih kalau peluang akselerasi diterima buat entrance examination gimana kak? terus kan saya ngambilnya chemical engineering, material engineering sama physics/applied physics berarti yang dites math physics chemistry n english yah?

    • Walaikumsalam..
      kalau utk akselerasi, peluang besarnya adalah lulus di seleksi administrasi, bukan dlm entrance exam. Tetap harus fight n rajin blajar biar lulus :)
      Iya, itu.
      Goodluck!

    • kk dulu belajar sendiri, ngga pake les
      kebetulan punya bebrapa senior yang kuliah disana, jdi dibantu oleh mereka. n saya juga kebetulan dapat pelatihan di ITB waktu olimpiade fisika.
      belajar sendiri cukup kok, asal punya sumber n bahan yang cukup

  26. Assalamu’alaykum kak,
    aku Gandhi dari smansa klaten kelas XII
    terimakasih kak atas pengalamannya, jadi ada pandangan lagi gitu :D
    kak, waktu cari beasiswa itu gimana caranya? yg pake interview itu lhoooh
    oh ya kak, aku boleh minta material buat Physics and Math A level nya kak? sama soal2 jg ya kak… aku soal2 cuma punya yang dari web NTU soalnya :(
    aku udah masukin form lhoh kak… tapi bingung cara bayarnya gimana kak.. itu kakak pake BII, bisa pakai kartu yang lain?
    di coolG_911@yahoo.com
    Matur nuwun ya kak… :)
    Wassalamu’alaykum warrahmatullahi wabarakatuh

    • To Gandhi:
      kalau udah daftar NTU, abis itu daftar beasiswanya, ada kok di website. ntar kalo lulus entrance exam, n lulus administrasi utk beasiswa, bakal dipanggil utk interview..
      bayarnya bisa pake bank apapun, yg penting bank draft dialamatkan sesuai dengan yang tertera di website akun pendaftaran
      utk materi, ntar saya share

      • kakak dulu kenapa pilih beasiswa sembawa?
        bukannya nanti dapetnya lebih sedikit ya kak daripada Nanyang scholarship?
        Kalau ambil nanyang itu + / – nya gimana menurut kakak?

  27. Oiyaaa… kak, nitip promosi ya kak…

    Teman-teman yang berniat daftar ke NTU untuk 2013/2014 dan alumnus yuk kita berteman!
    Nanti kita kan bisa sharing info dan pengalaman :)
    email aku yaaa di : coolG_911@yahoo.com
    FB : Gandhincul Cakra Maruti
    Twitter : @nchul911
    Blog : nchul911.blogspot.com

  28. halo kak saya tia, saya pengen nanya, dari hasil yang saya googling tentang jurusan internal relationship itu yang keluar selalu s rajaratnam apakah itu sama denga NTU ? apakah NTU punya jurusan internal relationship ? pendaftaran buat 2013 nya kapan ya kak ? boleh minta contact ym kakak buat tukeran informasi ? kan sekarang di pekanbaru ada fortrust gitu, apa itu sama aja bisa buat ke NTU atau apa fungsi dari FT itu sendiri ? terimakasih kak

    • To Setia:
      wah, saya kurang tahu soal itu.
      sekarang lagi buka loh pendaftarannya, buruan daftar!!
      ym: enriko_neo

      fortrust itu hanya sekedar education service, menurut saya ngga perlu lah itu. kecuali mau kuliah di amerika, baru berguna.

    • halo kk’ sya yusri yusuf kelas 2SMKN2 Takalar, bca artikel kk’ diatas
      wah wah wah keren beudd, terinspirasi bnget gw, ka’ mau nanya nih apa sih tips2nya supaya belajar menyenangkan soalnya pengen bnget kk sya masuk di ITB, :) tolong krim deh kk’ di email sya yusriyusuf18@yahoo.com

      • To Yusuf:
        Halo Yusuf. belajar menyenangkan memang tidak bisa dipaksakan. tergantung tipe orangnya, ada orang yang suka berpikir, ada yang malas berpikir dan cenderung aktif secara motorik. Tapi tidak mutlak juga, terkadang orang tidak suka belajar karena beberapa alasan,apalagi masih remaja,banyak sekali penyebabnya. Tidak cocok dengan gurunya, banyak distraksi seperti: ngeband, cewe, dll, tidak mengetahui passion dan tidak punya visi masa depan.
        Kalau kemauan untuk belajar sudah ada, itu udah stengah jalan menuju senang belajar, sekarang kamu harus mengetahui pelajaran kesukaan kamu, lalu dalami, ikuti lomba2nya. Lalu kamu harus menemukan cara belajar yang kamu sukai, misalnya sambil dengar lagu-kah, atau sambil makan-kah. Terakir, kamu harus punya cita2 dan visi yang jelas soal masa depan pendidikan kamu.

  29. kak saya ayas dari surabaya :) kak, saya juga sudah daftar ke ntu, terus kalo tuition grant itu bisa diambil setelah berhasil masuk di ntu kah? makasi :)

  30. kak, aku udah lolos administrasi, nah soal masuknya besok tuh gak beda jauh dari sample atau gimana kak ,, aku gak kompeten di fisika tapi jadi aku mantep di math n english aja ,, tinggal 3 minggu nih, enaknya gimana ya kak ? ada YM gak kak ? FB ?
    makasih

    • To Aqidah:
      Slamat ya. bisa jadi beda jauh sama sampel, cuman batasannya pasti sesuai dengan silabus.. wah, brarti kmu musti usaha keras spaya menang di math n english. Tpi fisika jga harus sh, soalnya mereka kn punya standar nilai utk masing2 subject.
      YM: enriko_neo

  31. selamat malam kak. saya fritz gultom mau bertanya kak. saya kan sudah lulus tahap pertama dan tinggal menunggu ujian tanggal 2-4 feb. mohon tipsnya kaakkk… :D makasih kak

    • To Fritz:
      Congratz, udah dipanggil tes. yang penting kuasai silabus n kerjakan tes dalam waktu yang singkat, n jangan nervous. sukses ya! :)

  32. hello kak, aku caca. aku sekarang kelas 2 SMA di Bunda hati Kudus, kota wisata. aku pengen banget masuk NTU, kalo mau ambil jurusan accounting, syaratnya dan testnya apa aja ya kak? terus untuk ambil beasiswa, kita harus unggul di bahasa inggris kan kak? itu testnya sama kayak toefl gak kak? kuliahnya berapa lama ya kak? aku boleh minta soal testnya gak kak? thanks before kak, i’m looking forward for your reply kak. i’m so glad to see your story, really good for motivation. i wish u’ll be success in every aspect, kak:)

    • To Meysmaureen:
      hai. kalau kmu mau accounting i2 tesnya math AO level, english and business. Kalau utk beasiswa harus unggul di semuanya, kalau bisa didkung prestasi 2 lainnya. englishnya beda sama toefl. kuliahnya 4 tahun. Kakak udah post link contoh soalnya, download aja.
      I am so glad too, you like my story, hope it could help you to achieve your dream. Success for you :)

  33. Hallo kak, saya uda shortlisted buat UEEnya.. Saya mau tanya, untuk math A, lebih banyak kalkulus/aljabar/vector? Lalu, apakah untuk fisika belajar materi SMA cukup? Thx.

    • To Randy:
      sama banyaknya kok, kalkulus aljabar n vector, bahkan dulu pernah masuk complex number.
      Kalau fisika, harus bner2 paham konsepnya, kalau hanya mengandalkan pelajaran sekolah ngga cukup. Sebab di SMA, fisikanya lebih banyak ngapalin rumus dari pada menuntut pemahaman. Hitungannya ngga akan rumit2, cman konsepnya harus kuat banget.

  34. Assalamualaikum kak, saya hafiz. Saya pengen nanya buat materi english yang di ujiankan. Itu apa aja kak, sama tolong kasih contohnya kak. makasih kak

  35. Salam kenal…saya Nicco…saya lulusan 2011 SMA swasta di Batam…saya saat ini sedang menjalani kuliah D3 Elektronika di Politeknik Negeri Batam..lulus tahun 2014…yang mau saya tanyakan ke mas Neo, kira” ada kemungkinan gak klo saya mau lanjutin kuliah smpai S1 di NTU atau harus ulang dari awal kuliahnya…?

    • To Nicco:
      Salam kenal juga Nico. Rencana kamu bagus bgt, lanjutin kuliah S1 ke NTU. Yang saya tau bisa lanjut ke NTU tanpa harus mengulang S1 dari awal, tapi hanya universitas tertentu yang diakui oleh NTU. Untuk info lebih pastinya, kirim email ke admission@ntu.edu.sg. Tetap semangat untuk lanjut S1!.

      • Kak,skrng aq mw naik k kelas 3 SMA .
        Aq pengennya kuliah d NTU .
        Cara dftarnya gmna kak?
        Trus kirimin soal soal ujiannya ya kak. . :D

      • To Sriani: cara daftarnya gampang, online di link admission.ntu.edu.sg
        ntar ada petunjuk step selanjutnya.
        Contoh soalnya bisa di download di link yang sudah sya tulis di postingan

  36. hai ka, saya lulusan SMA 2013 ini. saya mungkin terlambat baru mencari informasi tentang NTU sekarang-sekarang. kira-kira gimana ya caranya daftar ke sana?
    saya llihat di webnya kok udah ditutup semua pendaftarannya :(
    mohon pencerahannya. terima kasih

  37. Halo kak maaf menggangu :) Saya Vivi dari Salatiga.
    Kak, saya boleh minta soal – soal untuk test seleksi masuk ke NTU ? Mau dipelajari nih kak soalnya minat banget masuk NTU :D
    trus kalau test seleksinya gitu biasanya diadakan dimana ya kak ? trs bulan apa ya ?
    Makasih kak sebelumnya :)

  38. salam kenal, kak saya baru naik kelas XII-IPA. saya lulus tahun 2014. saya sangat ingin masuk ke ntu. bisa saya mohon informasi dari kakak tahap pendaftarannya kak? kalau boleh yang jelas ya kak? supaya saya lebih ngerti.. thanks

    • To Shelly: Tahapan yang paling pertama adalah kamu daftar online, buka kira2 bulan desember 2013. Ntar disana petunjuk step yang harus dilalui lengkap.

  39. kk saya ni sekarang da smp2 trus waktu di smp 3 saya mau nerima beasiswa ke NTU trus saya mau nanya boleh minta soal ujiannya,gak trus passing grade computer engenerring tu berapa ? trus boleh gak minta buku yang ada hhubungannya ma ujian masuknya?.. sori ya banyak tanya :D tolong kirimkan jawabannya di email kilin.lyond16@gmail.com

    • To Kilin: di NTU ngga ada passing grade kaya di indonesia. Jadi do the best aja.
      Contoh soal n silabus donwload di link yang sudah saya tulis di postingan.

  40. hai dulu kan disuruh pilih 5 jurusan,jurusan yang dipilih apa aja?
    saya tertarik computer engineering nih bedanya dengan computer science apa ya?
    yang dites waktu itu math and eng aja?

    • To Dev: Yang di tes, math fisika english
      computer engineering setengah hardware setengah software. sedangkan computer science itu murni software (algoritma dan bahasa pemrograman)

  41. ka saya mau tanya dong, saya udah masuk di univ di indonesia tapi mau nyoba tes NTU kayak kaka gitu, tapi saya ada kendala di bahasa, kira2 apa aja ya ka yg harus saya persiapkan??

    • To Natsir: Berarti kamu harus persiapkan english A-Level. Cari bukunya di internet, udah banyak kok skrg. Beli online, atau beli di singapore.

  42. Salam kenal Kak.saya anah,mau dong dibagi soal-soal test masuk NTU.kalo mau ambil jurusan kedokteran apa mungkin kak ? kalo tidak matrial science engeneerig (Mse)apa bahan test nya sama? ( math,english dan fisika ) sebelumnya thanks.
    alamat email : anah_sri_wahyuni@yahoo.co.id

    • To Anah: download via link yang sudah saya tulis di postingan. Kalau untuk kedokteran tentu subject tes nya beda. Tapi rasanya di NTU ngga da FK, adanya di NUS.
      Kalau material eng ada kimianya.

  43. Halo kak.. Kenalan ya, saya kevin.. Mo tanya ni kak, utk nilai akademi saya nilai 85 ke atas.. Tpi saya msi krg yakin dgn konsep fisika dan mtk saya aj.. Soalnya saya tipe yg suka hapal rumus cepat aja..

    O ya kak, klo seandainya saya pernah jadi ketua OSIS sma ap bisa membantu utk apply beasiswa nnti ya? Trs ap bole saya mnta file soal tes NTU ya? Bsa kakak krimkan ke kevin_gunawan08@yahoo.com

    Thx kak :)

    • To Kevin: Wah, ngga bisa gitu. Ntar soal tesnya konsep banget. Kalau cuma hapal rumus cepat dan ngga paham konsep, ngga bakal bisa jawab nantinya.
      kalau pengalaman organisasi, ngga pengaruh. Yang pengaruh adalah kalau kamu punya punya prestasi akademik seperti olimpiade internasional, atau prestasi olahraga.

  44. salamkenal ka,aku ada niatan buat lanjut ke NTU tapi aku bingung,soalnya takut mahal banget ka.kira” di NTU itu per semesternya berapa ya ka? sekaliam dong ka aku minta tipe soal” NTUbuat asah kemampuan juga,
    terimakasi ka sebelumnya
    ini email ku
    iik_ikhsan28@yahoocoid

    • salamkenal ka,aku ada niatan buat lanjut ke NTU tapi aku bingung,soalnya takut mahal banget ka.kira” di NTU itu per semesternya berapa ya ka? sekaliam dong ka aku minta tipe soal” NTUbuat asah kemampuan juga,
      terimakasi ka sebelumnya
      ini email ku
      iik_ikhsan28@yahoo.co.id

      • To Iik: Salam kenal juga. Kalau biaya sendiri mahal. SGD 22.000/year. Makanya cari beasiswa atau loan. Contoh soalnya download melalui link yang sudah saya tulis di postingan.

  45. salam kenal mas,.. saya Rimba, lulusan SMA 2013, sekarang saya sudah diterima di S1 Tek.mesin. bru awal”. sya ingin pindah ke bisnis NTU, krna tjuan sya adlah entrepneur expert. memang untuk jadi entrpneur ga perlu kuliah S1 bisnis,
    tetapi untuk trjun di dunia realnya, ketika bersaing ama para businessmen. softskill dan hardskillnya kemungkinan kita sulit bersaing. smntara itu untuk ilmunya tek.mesin tidak seberapa kalau sya kuliah S1nya abt bisnis untuk diaplikasikan ke bisnisnya.. apalagi untuk mnghdapi era 2020an, kemungkinan yg expert lah yg bkal survive,

    dlu sya berpikiran kalau kuliah S1 tentang bisnis buang” waktu krena itu bisa dipelajari sendiri, jadi sya ambil tek.mesin dan saya sambi praktek dan bljar bisnis.
    tetapi di awal mos tek.mesin sya jadi ragu, mreka bilang kerja di pengeboran, dll. keinginan sya Entrepreneur.
    krena sya merasa passion sya disitu, tetapi sya juga gak mau naif juga tentang takdir Tuhan.

    menurut pndangan mas, bagaimana ? krna sya juga masih bimbang.

    maaf kalau ada yg tersinggung. maaf
    Terima kasih :D

    • To Rimba: Salam kenal juga
      Tidak salah kalau ada yang bilang bahwa untuk menjadi entrepreneur tidak butuh kuliah bisnis.
      Kuncinya, kalau mau jadi entrepreneur ya bikin perusahaan sendiri. Hal ini tidak bisa dikaitkan dengan kuliah, dll. Tidak ada sekolah jadi entrepreneur, yang ada adalah sekolah untuk menjadi entreprenur yang baik dalam me-manage bisnis yang kita bangun. Tapi sekolah itu sifatnya hanya tools yang membantu kamu, ketika kamu membangun perusahaan.
      Tentunya buat perusaahaan dengan modal pengetahuan bisnis yang tinggi, adalah nilai lebih dibanding pengusaha yang tidak sekolah bisnis.
      Kalau menurut saya, tentukan kamu mau jdi entrepreneur bidang apa yang kmu sukai. Lalu ambil sekolah bisnis, dengan niat agar ilmunya dapat membantu kamu nantinya me memanage perusahaan.

      Sebenarnya sekolah bisnis, mendidik entrepreneurship. entrepreneurship beda loh dengan entrepreneur. Sama halnya leadership dan leader. Tidak ada sekolah yang menciptakan leader, yang ada menciptakan orang yang punya leadership.

  46. Malam kak :) saya vivi. Sekarang saya kelas 3 SMA. Lagi bingung2nya cari kuliahan. Saya kepengen banget masuk NTU. Saya mau bertnya beberapa hal nih kak :
    1. pendaftaran NTU tahun 2014-2015 dibukanya kapan ya kak ?
    2. Kalau test A- level math selain les belajar drmn ya kak ? Soalnya di kota saya kayaknya ndak ada pembelajaran kaya gitu
    3. Kak, ak minta soal2 test untuk masuk ke NTU dong hehe
    Pertanyaannya bisa d bales ke email saya di vivianda.venny@yahoo.co.id kak. Makasih kak sebelumnya. Sama masih mau tanya banyak hal nih kak tolong d balas yaa :) Makasi kak Godbless

    • To Vivi: Halo Vivi.
      1. pendaftaran biasanya buka di bulan desember. kalau untuk TA 2014-2015 berarti desember 2013.
      2. Belajar sendiri vi. Asalkan niat, ngga perlu les kok, balajar sendiri aja dengan bahan yang ada.
      3. Kaka udah upload, n kasi link buat downloadnya di komen atas2. Jdi silakan di cari di komen sebelumnya ya. Itu lengkap contoh soal dan silabusnya.

  47. Congratz ka, ka saya mau tanya klo mau masuk k NTU pa ja yg hrus disiapkan??
    Saya lulusan 2013 mau coba utk tahun ajaran 2014..
    Administrasi yang harus disiapkan apa saja dan syarat”nya apa saja?? Terima kasih.. Ni email saya Ka sandoandre@yahoo.com
    sekali lg terima kasih dan sukses ya Ka..

    • To sandoandre: Terimakasih, amiin.
      administrasi yang harus disiapkan adalah nilai rapor dan daftar secara online. itu aja. buka di admission.ntu.edu.sg. Lalu belajar yang rajin, karena persaingannya ketat.

  48. Salam kenal K, nama saya amam, Saya baru kelas 2 SMA di palembang, kepinginan ikut NTU, gimana soalnya, trus pendaftarannya sama materi yg kira2 harus dipersiapkan, tolong kabarin di e-mail ini k amammustofa@gmail.com, makasih banyak k

    • To Amam: Salam kenal juga. Mumpung masih kelas dua, kamu belajar yang rajin dari sekarang. Kalau mau kuliah engineering, perkuat matematika fisika dan bahasa inggris. Untuk contoh soal dan silabus saya sudah pernah post link nya pada komen sebelumnya. Buka linknya, download.

  49. Halo ka Rico, salam kenal.. Saya Ratna .. Saya salah satu lulusan terbaik 2013 di salah satu SMK swasta terbaik di Jawa Tengah.. Yang mau saya tanyakan, apakah bisa lulusan SMK seperti saya mendaftar di NTU ?mohon infonya ka..terima kasih

    • To Rahenda: Kalau kursus seperti itu saya tidak tahu. Biasanya sekolah memberikan kursus kepada siswanya yang mau kuliah di NTU atau LN

      • Salam kenal kak neo,

        Saya baru baru ini mendaftar di ntu, saya mau nanya kpd kakak. Maaf klo pertanyaan ini bersifat pribadi, soalnya saya pesimis untuk lolos seleksi dokumennya, jd saya mau prediksi peluang lolos saya. Klo boleh tahu, rata2 nilai rapor kakak brp ya waktu daftar? Soalnya nilai rata2 rapor keseluruhan saya adl 84,60 dgn:
        B.Inggris 80
        BI 80
        Fisika 91
        Mat 85
        Kimia 83
        Biologi 91

        Klo boleh, tlg dijawab ya…
        Thx

      • To Andrew: Nilai rapor kami bagus kok. Tmen kakak dulu dgn rata2 segitu lulus administrasi. Klw kakak sendiri dulu rata2 90an. Goodluck ya! smoga lulus..

  50. Kak mau tanya, saya lulusan 2013 skrang lagi kuliah di bandung. Saya juga tertarik mau nyoba ini. nah itu kan ada pilihan yang baru lulus kurang dari 3 bulan atau lbih dari 3 bulan. nah itu kakak dulu gimana ? di Indonesia kan kita pasti lulus lebih dari 3 bulan. Terus kalau kita pilh udah jadi mahasiswa kan harus nampilin nilai GPA itu gimana ? kan belum ada. Makasih sblumnya.

  51. halo kak saya Talitha,

    saya mau tanya seputar NTU. saya sekarang kelas 3 di smk telkom sandhy putra malang. saya tertarik unutuk ambil beasiswa NTU. Untuk smk apa persyaratan masuk nya juga sama dengan sma? saya tertarik untuk mengambil bisnis. apa kakak punya soal soal untuk masuk NTU agar bisa saya pelajari?

    Untuk kuliah di NTU biasanya butuh waktu berapa tahun ya kak? berkas berkas yang perlu dikirimkan apa saja? Dan biasanya pendaftaran mulai bulan apa?

    • To Talitha: SMK pun bisa daftar kok. Link download contoh soalnya ada di bagian paling bawah postingan. Password filenya : enriconeo.wordpress.com

  52. Selamat pagi kak,,,,

    • Kak…., saya mau tanya tentang sistem penerimaan NTU, diantaranya:
    Beasiswa Full

    Ada beasiswa full dari beberapa beasiswa, contohnya Sembawang Scholarship. Kalau ini uang kuliah

    diabayarin, uang saku, uang buku, uang makan, uang kost komputer dll. Tapi ikatan dinasnya lebih

    lama, 6 tahun.(lalu yang saya tanyakan untuk mendapatkan beasiswa full tersebut , apakah harus

    memiliki latar belakng prestasi yang tinggi ? atau berdasarkan ketidakmampuan ekonomi? Atau

    kedua-duanya?

    • Kak, aku sudah download contoh soal NTU dari blog kakak, tapi ketika membukanya aku

    harus tahu passwordnya , kak kalau boleh tahu paswordnya apa?

    • Tolong kirimkan soal entrance….

    • Kak, maksud dari cambridge igcse itu apa?

    • Contoh soal Ao dan A level itu seperti apa kak??

    Mohon maaf kak,,, kalau pertanyaan dari saya terlalu banyak……………………

    Terima kasih sebelumnya

    • To Chara:
      1. Kalau sembawang yang utama adalah prestasi tinggi, bukan ketidakmampuan ekonomi.
      2. Password filenya : enriconeo.wordpress.com
      3. cambridge igcse itu semacam kurikulum.
      4. di file yang saya share itu ada contoh soalnya.. Matematika A itu matematika IPA di kita. Sdangkan AO itu matematika bisnis. Ngga ada integral n deferensial di AO.

      Semoga membantu..

  53. Ksk sya pingin msk ntu jurusan bussines school .mata pelajaran yg di ujikan buat tes masuk ap aj?trus klo jurusan ips bisa gk ngambil jurusan itu?
    Tlong d balas y kak,soal ny saya bingung mau nanya spa?

    • To Lestari: Kalau jur bisnis, matematika nya AO-Level, berbeda dengan jurs teknik. Trus ujian nya ada subject bisnis. Jurusan IPS bisa ambil Bisnis. Silakan aja klw ada yang mau ditanyakan lagi. Goodluck.

  54. Assalamualaikum kak,
    saya putri kelas 11 jurusan teknik kimia industri, pengen nyoba daftar di NTU kak, kira-kira persyaratan nya apa saja? dan ada jurusan apa aja kak disana? kira-kira kalo kedokteran ada gak kak?
    *please reply ya kak :)

  55. Mas…Saya ingin masuk NTU tahun 2015 atau 2 tahun lagi…Saya hanya ingin tahu apakah soal2 tes masuk atau examination entrance NTU itu seperti apa ??? Mohon bantuannya…

    • To Chara: Bankdraft itu semacam cek. Tinggal datang ke bank, lalu berikan alamat pengiriman bankdraft tersebut. Alamatnya bakal dikasi setelah daftar NTU online.

  56. Kak, mau nanya dong kan waktu itu disuruh pilih 5 jurusan. aku pilih 5 untuk jaga-jaga. beberapa di antaranya ada mathematical science, maritime studies sama materials engineering. berarti saya harus ambil tesnya english,math A,physic,chemistry sama math AO jg ya kak? soalnya maritime studies butuhnya math AO. atau math AO ga usah karena udah tes math A?

  57. kak, kalau boleh tahu, meskipun NTU nya tidak jadi kakak ambil tp Letter of Acceptance nya tetap berguna kan? Mungkin untuk beasiswa2 lain begitu? Apakah cukup membantu memiliki LoA dr NTU?

    • To Aya: LOA nya masih saya simpan. Saya masukkan di portfolio. Itu menjadi sebuah kebanggan dan prestasi tersendiri. Namun saya tidak tahu apakah itu dapat membantu, tetapi at least kita mencoba :)

  58. Permisi kak. Kalau di Indonesia kan SMA-nya dibagi jadi jurusan-jurusan nih. Nah, kalau test masuk NTU itu dibedakan nggak? Anak IPA soalnya IPA, yang anak IPS soalnya IPS? Atau cuman soal IPA semua? Makasih :)

      • Berarti kalau anak IPS soal masuknya kaya soal yang di UN-kan ya? Matematika, bahasa Inggris, Ekonomi, Sosiologi, sama geografi kak?

  59. ka , aku akan tes di ntu pada bulan february nihh. persiapannya belum terlalu matang sebenarnya , apakah kalo mendaftar tahun depan masih bisa di shorlisted juga ? saran kakak apa ? masuk uni di indonesia dulu kalo tidak lulus atau ikut program belajar persiapan untuk tahun berikutnya ?

    • To Yensen: Bisa kok, tiap tahun daftarpun msih akan shorlisted. Jadi do the best aja, klw ngga lulus, ulang lagi tahun depan. Sambil kul di Indo dulu. Goodluck!

  60. kak, aku sekarang kelas xi, dan sudah mulai2 mencari universitas mana yang mau aku tuju. aku berniat banget masuk NTU. apa aja sih yang harus kita siapkan untuk bisa bersaing mendapatkan beasiswa NTU khususnya IT? terus ikatan dinas itu gajinya untuk bayar uang kuliah gitu?

    • To Rizka: Siapkan kemampuan matematika & fisika & english dengan baik. Learn hard & smart. Ikatan dinas ada kalau kita ambil tution grant. Klw kita ambil loan, baru pake bayar hutang setelah kerja. Goodluck.

  61. ‘Met Siang kak Neo… Kak, boleh sharing ga – dulu kak Neo belajar tesny kyk gimana ya??? Aku pengen banget masuk NTU, dan aku kepengen dapetin beasiswanya juga… Atau, ada CP yang bisa buat tanya-tanya gak ya kak??? TQ buangets… :)

    • To Agung: Yang penting rajin belajar aja,bahas soal yang susah2. & passionately doing. Kalau soal beasiswa, sekarang banyak banget, asal mau usaha aja.

  62. dear enriconeo :
    1.Apakah soal sample paper mirip2 dengan soal tes aslinya ya bro ?
    2.Apakah menurut anda Inggris menjadi salah satu pertimbangan penerimaan ?
    3.Jika anda bisa mengira-ngira (ketika anda mengerjakan soal UEE kemarin) , hasil tes anda bila dinilai bisa mendapat nilai berapa ? apakah sampai 50 ? atau jangan-jangan 80-100 ….
    4.Di tahun kakak yang lolos berapa orang ya ? yang ikut tes berapa orang ya ? saya pengen tau perkiraan rasionya ..

    Mohon dibalas secepatnya :)

    • 1. Tidak mirip. Kegunaan sample soal adalah untuk melatih sesuai dengan silabus.
      2. English sangat dipertimbangkan.
      3. Yang saya yakin pasti, subject fisika saya benar semua. Utk math, hanya dua soal yang tidak bisa saya jawab.
      4. Saya tidak tahu jumlah yang lulus, sebab datanya tidak dipublish.

      • Trimakasih kak . Tampaknya kt hrus mendapat nilai sgt bgus baru bisa diterima ya ..
        Kemudian bbrp pertanyaan lg nih :
        1.Apa ada bab tertentu yg plg sring keluar waktu tes ? Misalnya mat byk keluar calculus dll . Bgmana dgn fisika ?
        2.buku referrnsi yg kk gunakan apa aja ya kalo boleh tau?? Saya jg mempunyai buku kalkulus krgn purcell sih tp saya umumnya membaca soal2 a level seperti soal2 tahun lalu a level (utk mtk math h2)
        Klo bisa , di email ya jwbn kk ke endijr@yahoo.com
        saya sgt ingin diterima di ntu , tp kendala saya tampaknya ada di fisika (saya tdk yakin bs 100 sprt kk)

      • To Endilie: Betul, apalagi kalau mau dapat beasiswa.
        1. Iya, calculus bakal paling sering keluar. Seperti persamaan deferensial dkk. Kalau fisikanya mekanika harus kuasai banget.
        2. Iya, klw bisa nguasai purcell, dijamin lancar lah jawab soal math nya.
        Contoh soalnya download aj, Link download contoh soalnya ada di bagian paling bawah postingan. Password filenya : enriconeo.wordpress.com

        Semoga membantu..

      • hi kak enrico !! . saya hanya ingin mengucapkan terima kasih pd tips2 yg tlh kakak berikan . kmrn ane tgl 17 maret diemail .. saya diterima di jurusan teknik elektro !!! thankssssssssss bgt kak .

        pesan buat yg mau ke ntu : belajar yg baik2 , persiapkan jauh2 kalo bisa minimal 1 tahun sebelumnya deh . khususnya di MTK , harus bener2 extra belajarnya

      • To Endilie: Selamat ya!! Bagus, elecrtro NTU itu top cer lah. Rajin2 blajar disana. Jangan lupa bantu juga adik2 kelasmu yang akan masuk kuliah nantinya :)

    • To M Sandy: Contoh soalnya download aj, Link download contoh soalnya ada di bagian paling bawah postingan. Password filenya : enriconeo.wordpress.com
      Kuncinya cuma satu, belajar segiat mungkin. High Effort High Return.

    • To Farah: Hai, salam kenal. Kalau untuk kuota setahu saya ngga ada, sepanjang nilai tes kamu tinggi dan melebih minimum requirement, pasti lulus. Yang ada kuotanya itu beasiswa.

  63. Assalamualaikum kak. Saya ingin skali masuk ntu. Tapi saya skrng sdh kuliah di politeknik. Kalau sya tau kan tdk ikut uee ya kak? Hnya ijasah sama ielts score kan? Atau endak? Trs kalau pakai ijasah un. Klu ijasah un nilainya ad yg anjlok 1 gmn ya kak pdahal yg lain bagus smua? Mohon bantuannya kak saya bingung

    • Walaikumsalam. Masih bisa kok kalau mau ikut tes NTU. Yang penting mata pelajaran IPA ngga boleh anjlok. Tapi kalau Bahasa Indonesia, boleh lah.

  64. kak saya mau tanya, untuk persiapan uee itu sendiri, apa kurikulum sma di indonesia dan materi dari bimbel persiapan sbnmptn sudah cukup?
    kalau masih belum cukup, apa rekomendasi kakak ttg materi yang dipelajari untuk persiapan uee ntu dan nus?
    thanks

    • To Febry:
      Kurrikulumnya berbeda dengan di Indonesia. Disana pakai Cambridge.
      Kalau hanya modal bimbel SPMB, kurang dari cukup. Ngga ada apa2nya.
      Kalau mau, pelajari materi olimpiade nasional. Kalau menguasai itu, peluang lulus tinggi.

  65. oiya kak saya juga mau nanya, kalau saya mau ngambil arsitektur, teknik kimia, teknik sipil, apa subjek yang harus saya pelajari untuk ueenya?
    thanks

  66. halo kak , saya william blanzeisky
    saya murid kelas 2 yang seminggu lagi akan duduk di bangku kelas 3 sma di SMA Methodist-2 Medan . saya berniat untuk melanjutkan kuliah saya ke singapore khususnya universitas teknologi terkenal yaitu NTU
    sekarang saya akan mengikuti program bimbel sebagai pelatihan untuk test beasiswa .
    saya selalu berpindah sekolah . sd saya bersekolah di kisaran , smp saya sekolah di jakarta , sma1 saya sekolah di kisaran dan sma2-3 saya bersekolah di medan .
    sehingga rata rata nilai (mate,fisika,kimia,biologi,inggris)saya jika di jumlahkan dan di bagi dalam setiap semester dari kelas 1-2 adalah 85,75 . bukan nilai yang memuaskan .
    saya sangat ingin mendapatkan beasiswa ini , sehingga saya berusaha les bahasa inggris dan akan segera mendapatkan sertifikat IELTS (mudah2an nilainya bagus) untuk mendukung kelulusan saya pada seleksi pertama . saya berniat masuk ke jurusan computer engineering / teknik elektro . jadi sekarang saya ingin bertanya . apakah kira2 saya dapat lulus pada seleksi pertama karena pada kelas 1 SMA saya bersekolah di kota kecil dan sering berpindah-pindah??
    saya berencana mendaftarkan di 3 universitas yaitu NTU , NUS , SUTD .
    dan apa lagi yang saya bisa lakukan untuk lolos dalam seleksi tahap 1 ??
    mohon bantuannya , bisa tolong balas ini di email saya juga , ‘ williamblanzeisky@yahoo.com
    *mohon balas secepatnya ya kak , saya sangat butuh informasi dari kakak*

  67. Hallo kak , kak saya icha .Saya mau tanya nih ,kalo seumpama saya ingin melanjutkan dari diploma ke s1 di NTU brpa tahun yah ? Kalo seumpamanya kita dapet beasiswa lalu ip turun apakah dapet berpengaruh ke beasiswa ?terimakasih ,tlg bales lewat email yah kak fairishka@rocketmail.com

    • Halo Icha.
      Dari D3 ya maksudnya? kalo itu kk kurang tau.
      Kalau itu tergantung jenis beasiswanya, kebanyakan memang mensyaratkan IPK minimal, kalau dibawah itu maka beasiswa kita bisa diputus. Tpi bisa nyambung dengan student loan (pinjaman)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s