Saat itu saya lulus pertukaran pelajar SMA, named AFS

Dua hal besar yang saya ikuti sekaligus sewaktu SMA adalah: Olimpiade Fisika Nasional dan mengikuti seleksi pertukaran pelajar SMA yang bernama AFS. Saya sangat senang begitu mendapatkan informasi tentang pertukaran pelajar ini dari mama. Dengan semangat dan antusiasme yang tinggi saya menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar. Pendaftaran dilakukan ke AFS chapter padang, yang waktu itu beralamat di jalan Khatib Sulaiman Padang. Sebagai informasi, perwakilan AFS di Indonesia ada sekitar 5, salah satunya berada di Padang.

Saya sangat tertarik dengan program pertukaran pelajar karena saya percaya bahwa dengan mengikuti program ini, saya akan belajar banyak hal. Saya yakin bahwa ini akan meningkatkan kualitas pribadi saya. Bagaimana tidak, ketika anda tinggal di daerah yang jauh dari rumah, dengan budaya yang sangat berbeda, anda akan mengalami culture shock, apalagi di usia yang sangat muda, hal ini tidaklah mudah. Wawasan dan cara pandang anda akan berubah, semakin banyak kita bertemu dengan orang lain, maka kita akan semakin tahu tentang apa saja hal yang harus kita perbaiki dari diri sendiri. Satu hal yang penting, kemampuan bahasa inggris saya akan jauh meningkat.

Ada ratusan pelajar se sumatera barat yang lolos seleksi administrasi. Untuk proses ini, saya harus mengisi beberapa lembar formulir, dan menulis motivation letter dan essay. Alhamdulillah saya lulus seleksi administrasi ini. Tes berikutnya adalah tes kemampuan dasar dan tes kemampuan umum serta bahasa inggris. Tes kemampuan dasar lebih ditekankan kepada panalaran dan lojik, tidak begitu berkesan. Tes kemampuan umum sangat berkesan bagi saya, sebab pertanyaannya sangat umum, contohnya adalah “siapakah pemenang piala oscar tahun 1998 …”, lalu dimanakah piala dunia tahun 199x diselenggarakan, dan masih banyak pertanyaan umum lainnya. Untungnya saya suka membaca buku RPUL (Ringkasan Pengetahuan Umum Lengkap) dan saya suka membaca buku, sehingga tidak sulit bagi saya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Alhamdulillah saya lulus tes tertulis tersebut. Tes selanjutnya adalah wawancara psikologi dalam bahasa indonesia dan wawancara dalam bahasa inggris. Pada saat wawancara ini, interviewer menanyakan banyak hal, mulai dari background saya sampai motivasi ikut program AFS. Pertanyaan yang paling berkesan bagi saya adalah “di Belgia itu budayanya kalau bertemu cium pipi kiri dan kanan, kalau tidak, bisa dianggap tidak menghargai. lalu bagaimana sikap kamu sebagai muslim kalau berada disana”. Saya sangat senang dengan pertanyaan yang kontroversial ini, jawaban saya tidak akan saya tuliskan di blog ini.

Saya lulus interview, lalu berikutnya adalah FGD(Focus Group Discussion) atau lebih dikenal dengan istilah diskusi kelompok. Kelompok diskusi diberi tahu beberapa menit sebelum diskusi, sehingga tidak mungkin bagi kita untuk bertemu dan mengakrabkan diri terlebih dahulu dengan teman kelompok. Saya melihat justru ini adalah poin penting, berdiskusi dengan orang yang belum anda kenal, akan terlihat kemampuan sosial anda.

Pada saat diskusi kelompok, kami diberikan beberapa material seperti kertas, gunting, sedotan, dll. Tugas kami adalah membuat sesuatu yang bermanfaat dan bisa dipakai dengan menggunakan bahan-bahan yang tersedia, dalam waktu 15 menit, waktu yang sangat singkat. Lalu saya memberi ide untuk membuat tempat alat tulis/tempat pensil. Ide saya disetujui oleh kelompok dan kami mulai membuatnya. Kami sukses membuat tempat  pensil ini dalam waktu yang diberikan. Lalu masing-masing kami disuruh untuk mempresentasikan peran selama membuat benda itu, apa saja kontribusi yang diberikan.

Alhamdulillah lulus tes tersebut. Total siswa yang lulus adalah 3 orang. Saya satu-satunya dari kota Padang yang lulus. Satu lagi dari kota Padang Panjang, dan yang satu lagi dari kota Batusangkar. Saya sangat bangga dan bahagia lulus seleksi  program pertukaran pelajar ini. Lalu saya mempersiapkan semua hal terkait keberangkatan, tugas saya adalah membuat greeting letter kepada beberapa calon host family, dengan menyertakan foto keluarga dan deskripsi tentang masing-masing keluarga saya.

Saya harus mengisi prioritas negara yang akan saya tuju. Pada pilihan pertama saya mengisi Belgia, kedua Italia, ketiga Jerman, keempat Belanda, kelima Swiss. Akhirnya saya dapat kesempatan ke Belgia. Namun ada suatu hal yang terjadi, yaitu resesi ekonomi global tahun 2006. Oh ya, program pertukaran pelajar ini adalah gratis, dalam artian kita tidak perlu membayar apa-apa. Karena semua biaya ditanggung oleh AFS yang didapatkan dari donatur. Donatur-donatur ini sebagian besar adalah perusahaan global. Ditengah resesi ekonomi global tersebut, banyak perusahaan dan donatur perorangan yang berhenti memberikan donasi. Akibatnya adalah, program pertukaran siswa ini kekurangan dana, sehingga ada sejumlah biaya yang dibebankan kepada orang tua.

Jika saya tetap ingin melanjutkan ikut dalam exchange ini, orang tua saya harus mengocek saku sebesar 5 juta rupiah. Sebenarnya jumlah ini tidak begitu besar dibandingkan dengan biaya total yang dibutuhkan untuk memberangkatkan satu orang siswa. Namun saya melihat mama waktu itu merasa berat untuk melepas saya selama setahun di Belgia, dengan beberapa alasan. Saya waktu itu seorang anak yang bergantung secara finansial kepada orang tua tidak bisa apa-apa. Kesimpulannya saya BATAL ikut exchange. Saya sangat kecewa pada waku itu, saya sudah menjalani tes yang panjang dan ini adalah kesempatan besar yang tidak akan pernah terulang. Memang kesempatan ke luar negri akan terbuka lebar ketika sudah bekerja, namun tentu saja ke luar negri untuk exchange di waktu SMA merupakan hal yang sangat berbeda. Tetapi apa mau dikata.

108 thoughts on “Saat itu saya lulus pertukaran pelajar SMA, named AFS

  1. wah saya telat mencari info program ini,
    dan tidak mungkin mendaftar tahun depan karena saat ini saya baru saja naik ke kelas 2 SMA.
    saat itu kakak kelas 1 SMA juga?

    • iya, waktu itu aku kelas 1 SMA. Tapi ada juga teman yg waktu i2 udh kelas 2 kok, konsekuensinya dia menunda kenaikan kelas.
      coba kamu tanya k AFS nya.
      Tapi kalau emang udh ngga bisa, mending jadi volunteer aja, ntar bakal ada kesempatan exchange juga

    • mm, jadi volunteer itu ada tugasnya membantu proses keberjalanan AFS Chapter kota masing2. misalnya membantu jadi tim seleksi, n tim lainnya.
      Ada beberapa keuntungan yang didapat dengan jadi volunteer. Km bakal dapat pengalaman yang luar biasa, trus km juga ada kesempatan utk mengikuti pertukaran pemuda (bukan sebagai siswa)

  2. Kak .. jadi syaratnya harus klas 1 SMA gitu yah kak ???
    trus klo jadi volunteer itu bayar atau ada syarat lain ??

  3. hey,aku baru baca blog kamu.. sayang bngt ya padahal udah susah payah gitu.
    eh iya aku baru daftar buat ikut exchange, mau coba -coba aja gitu hehhe eh ya, bisa kasih saran gitu?

    • To Nabila:
      yg ada yg perlu ditakuti, nothing to lose kan. 3 tahun di SMA cukup kok untuk persiapan, asalkan sungguh2 n semangat.

    • To Muntasyir:
      Wawancaranya ada dua tahap. Pertama dalam bahasa indonesia. Kedua dalam bahasa inggris. Yang dalam bahasa indonesia lebih ke pertanyaan yang mengexplore kepribadian/personality, seperti disuruh menceritakan tentang keluarga (yang dinilai bukan konten, tapi cara anda menjelaskannya). Lalu pertanyaan kontroversial, gmana anda mnyikapi hal yang kontroversial. Wawancara yang dlm bhs ing, itu lebih melihat kemampuan ing aja, kontennnta ngga terlalu penting.

  4. kak kalau temen temen kaka yang ikut seleksi afs dari penjuru negeri, berapa banyak? terus gimana cara hilangin keraguan atau pesimis?

    • To Ar:
      dari seleuruh penjuru negri saya ngga tau, soalnya itu utusan per chapter. setiap chapter ada 3-5 orang.
      yang penting kmu harus lulus bahwa kamu yakin dan kamu bisa lulus, lalu percaya diri tinggi. trus perbanyak pengetahuan umum.
      jangan terbeban harus lulus saat tes, nothing to lose aja.

  5. Kakak waktu itu perlu bayar uang 5 juta kan. Itu buat biaya apa yaa .. ??
    Visa bukan?? Atau apa .. ??
    Saya sbnener’nya agak merinding krn bnyk yg bilang tes pengetahuan umumnya itu suah bangeett ..😥

    Cerita lagi dong, ttg seleksi 1 nya …

    Makasih yaa kaak udah mau sharing .. (y)

    • Biaya itu untuk keberangkatan (bisa termasuk visa pesawat dll)

      emang susah, misalnya siapa pemenang piala oscar tahun 90 sekian, lah, tau dari mana kita kan. Makanya sering2 baca buku peng.umum ya.

      • Itu emang beneran keluar kak?
        Yah .. abisnya gimana lagi, orang banyak banget kan itu materinya … -_-
        Astaga, baca RPUL juga gk bakal smua keluar.
        Trs katanya harus sering baca koran, emang bener bnyk yg keluar kak?

        *maaf ya bawel.

  6. eh ka, , ,aku ikutan pertukaran plajar, , ,d skolh aq d adain. . ..dan prtnyaaan aq,, , ,biaya nya pndftaran doank atw sma iket pswatnya????

    • To: Ayu
      Biaya pendaftaran aja.
      Kondisi tiap tahun beda, tergantung ekonomi dunia, soalnya itu pengaruh ke para donatur. soalnya kan biaya AFS ini sangat bergantung pada donaturnya. Bisa aja pas kamu ikut ngga bayar sama skali, goodluck!🙂

    • To Tiara:
      iya, sayang sbnarnya, tpi mau gimana lagi ya, udh lewat.
      soal matematika ada, tapi matematika dasar, yg penting cepat ngitung aja. Ngga susah kok mat nya.
      soal umumnya yg susah, pertanyaannya aneh2 n macem2. Km musti sering baca, baca apapun.
      Sorry for not replying to your email, I reply through what you message me by,hehe

  7. numpang nanya dong ka biasanya berapa orang yang diambil oleh afs untuk berangkat? dari seleksi itu apa yang diambil hanya 3 orang atau bisa lebih? dan
    pemungutan biaya tambahan yang kaka alami apa masih berlanjut sampai sekarang?

    • To Farhan:
      Bisa lebih, 3 sampai 5, tergantung memenuhi kriteria atau ngga.
      nah itu beda2 tiap tahun, tergantung kondisi ekonomi global jga, soalnya program ini jalan berkat donatur, jadi ya tergantung banyaknya donatur di tahun kmu mendaftar. kalau banyak dana dari donatur, ngga ada biaya tambahan sama skali.

    • To Indah:
      wah kalo kisi2nya ka2 ngga bisa kasi, bingung jga mau jawab apa. coba cari buku pintar namanya, nah kurang lebih itu lah kisi2nya.

  8. sebenernya motivasi kamu ikutan student exchange ini apa’an sih? terus yang kamu harapkan saat kamu lolos dari program ini itu apa? thanks informasinya

    • To Hanidar:
      Motivasi setiap orang tentu berbeda. Sesuai dengan visi dan misi masing2 orang. Sebaiknya pertanyaan ini kamu tujukan untuk dirimu sendiri.

  9. kak, ada yang bilang soal ipunya tentang setahun kebekakang apa iya? atau tentang bertahun tahun kebelakang?😐

    • To NITA:
      dulu ada dijual di gramedia, ngga tau sekarang ada atau ngga. Coba cari buku pintar jdulnya. Klw englishnya antara toefl n conversation.

  10. Halo KaK..? Aku Gilang dari Subang, Jawa Barat. Salam kenal ya KAk!
    Tahun ini Aku daftar lo Kak seleksi AFS. Aku seleksi di Purwakarta. Waduh, kesempatan emas itu terlewat. Tapi, mungkin next time Kakak bakalan dpt yang lebih, Allah itu tahu yang terbaik untuk Kita Kak. Wah, bener2 harus rain baca RPUL nih, atau sering nonton ON THE SPOT ya.. Hehe. Jangka waktu pengumuman seleksinya berapa lama ya Kak..?

    • To Gilang:
      Halo Gilang, salam kenal juga.
      Iya, peluang akan selalu ada, tergantung kita bisa tidak merubah peluang menjadi kesempatan.🙂 Amiin, makasih ya Gilang.
      Hahaha, iya, pertanyaannya aneh2, mulai dari yang paling jadul sampe yang paling terkini ada. Misalnya kapan konferensi MDG,dll.
      Sering2 ikutin berita juga.
      Semoga lulus ya Gilang, dapet yang terbaik. Semangat mencoba!

  11. kakak, saya salah satu peserta AFS tahun ini. boleh nanya nggak?
    kan thap 2 ini ada wawancara dan bahasa inggris. nah, bahasa inggris ini kita disuruh ngapain ya kak? praktek atau apa? wktu thun kk d suruh ngapain?

    • To Endah:
      waktu saya dulu ada dua wawancara: 1. Kepribadian (dalam bahasa indonesia). 2. kemampuan bahasa inggris. Untuk bahasa inggris, disuruh menceritakan siapa kamu, keluarga, teman2, lingkungan kamu, hobi dll. Intinya dia ingin melihat kemampuan english, ngga peduli isinya.
      Semoga lulus ya.

    • To Dini:
      Untuk pengetahuan umum ngga ada yang perlu dikuasasi, dan ini pun ngga bisa dipelajari dengan instant. Pengetahuan umum itu adalah gambaran dari wawasan kamu, seberapa care kamu terhadap lingkungan, seperti tv, politik, sejarah, dll. Orang yang pengetahuan umumnya bagus, itu adalah akumulasi dari kebiasaannya selama bertahun2. Ini contoh soalnya:
      Penggagas sistem tanam paksa
      Asal kata “Grammy” dari Grammy Awards
      Umur TVRI sampai 2013
      Pelantun lagu “Baby”, yang terkenal karna videonya di Youtube dan konser di Indonesia
      Negara pengguna dollar selain di Amerika Serikat
      “Kumite” adalah cabang dari olahraga?
      Asal pakaian ‘hanbok’
      Orang-orang yang pernah mendapat Nobel Perdamaian
      Kepanjangan dari AIDS
      Kata-kata dalam bahasa Indonesia berikut, yang bukan merupakan kata serapan dari bahasa Inggris
      Rumus Luas juring
      Jumlah sisi, rusuk, dan titik dalam kubus
      Alat pembayaran sah sebagai transaksi dalam kegiatan jual beli sehari-hari adalah pengertian dari?
      Pengertian pendapatan per kapita
      Kapan Tembok Berlin dibangun?
      Sastrawan Indonesia yang lahir di Bukittinggi dan menerima AFS Scholarship generasi pertama (1956)
      Letak Fukushima (gempa; reaksi nuklir) di Pulau?
      Negara-negara yang berbatasan langsung dengan Somalia


      Goodluck, selamat berjuang, semoga lulus.

  12. aku udh baca blog kakak, kakak yg semangat ya. allah pasti pnya sesuatu yg luarbiasa baik bgt buat kk..
    oo iya kak, aku masih sdikit minder nih kk, aku alhamdulilah udh lulus sleksi tahap I kk, skrg tggal wawancara nya, aku minder bgt kk.. takut2 salah ngomong, kan penilaian nya subjektif bgt kk. kakak ada tips nggak kk? hhe.. makasi byk kk

    • To Farah:
      Makasih ya Farah. Stuju sama farah, selalu ada kesempatan, tergantung usaha kita untuk meraih kesempatan berikutnya.
      Wah, selamat!! kmu udah one step ahead.
      Hal yang paling penting, kamu ngga boleh takut. Harus percaya diri tinggi. memang dimanapun, wawancara itu ngga ada yang objektif, pasti subjektif. Yang penting kita usaha yang terbaik.
      Percaya diri itu modal utama dalam interview, kk berani bilang 75% porsinya. Karena sepintar apapun kita, kalau ngga PD, orang juga ngga akan yakin dengan kita. kalau kita sendiri ngga yakin dengan diri sendiri, apalagi orang lain.
      Jangan pikirkan “tidak lulus”,”subjektif”, dll. Think positively🙂

  13. kak.. kalo dari tes wawancara b. indo dan b.inggris kira-kira nilainya dihitung berapa persen dari keseluruhan nilai wawancara ? trus di wawancara bagian mana yang harus lebih diperhatikan?
    thank’s for the information

    • To Aruma:
      Kalau untuk porsinya berapa, kk kurang tau juga. Dua-duanya sangat penting.
      tapi menurut kk, yang b.indo sangat ngaruh, sebab kepribadian yang bagus lah yang akan lulus. Sehebat apapun bahasa inggris kita, tapi kepribadian ngga bagus, percuma, ngga akan lulus. Bahasa inggris bisa dipelajari,gampang. Tapi membentuk kepribadian, itu proses sejak lahir.🙂

  14. kak, itu biaya misal lolos AFS ada yg lebih dr 25 jt ga? ortu cuman mau biayain maksimal 25, aku ud lolos thp 1, blm tw jg ini thp 2 lolos apa ga. tp buat jaga” aja. makasih ya kak🙂

  15. Salam kenal kak, alhamdulilah saya lulus tahap 2, saya mau sharing, menurut kakak apa penilaian juri itu memposisikan orang yg aktif dan banyak bicara saat presentasi itu yg paling baik kak? Faktor lain yg sebaiknya kita miliki atau kembangkan apa y kak? Terimakasih sebelumnya..

    • To Rafah: Salam kenal juga. jawabannya: tidak sama sekali. Bukan berarti orang yang paling aktif bicara adalah yg baik. yang baik adalah yang paling fokus pada permasalahan dan menghargai orang lain, serta bisa bekerja sama/diskusi dengan orang lain tanpa mengedepankan ego(misal:ingin dinilai pintar)
      Sukses ya!

  16. Assalamu’alaikum.
    Wah, sabar ya kakak😀 Keep smile🙂
    Oh ya kak, kan aku tinggalnya di kota kecil, Jombang, East Java. Apakah test akan diadakan di kotaku kak? terus, TOEFL minimal berapa kak? Ditunggu balesannya ya, kak😀

    • To Arini: Iya..🙂 makasi ya.
      Tes nya hanya ada di Jakarta. Daftar aja, ntar pas tes, datang aja ke jakarta.
      Ngga ada syarat toefl, yg penting lulus tes tulis.

  17. Kak, disebutkan bahwa ada essay. Essay di sini maksudnya soal dalam bentuk essay (uraian) atau membuat Essay? Terimakasih.😀

  18. setelah lulus program afs, kakak pernah denger yang namanya program yes tidak? karena kalo sekarang afs itu ada pake bayaran semampunya, sedangkan yang benar2 gratis itu yes ‘-‘ terima kasih kak🙂

      • Kalo kakak pernah ikutan tes YES ga?
        Iya kak, kalo sekarang kita dikasih tau berapa biaya buat berangkat setahun. Besarnya biaya tergantung dari benua yang mau kita datangi, tapi bayarnya semampunya sih kak ga ada paksaan.

  19. ka, kan berangkat agustus berarti pas udah kelas 2, dan pulang juli tahun depannya pas udh kelas 3. nah pas pulang nya di sekolah lama gimana tuh? ngullang lg jadi kelas 2 dong?

  20. Kak, inshaAllah saya calon peserta AFS hehe tapi saya sendiri blm tau gmn seleksi ini-itunya.__. Tahap 1 itu pilihan ganda atau dari seleksi awal sampai akhir tulis tangan semua? Thanks ya kak😀

  21. ada yang bisa di hubungi? line mungkin. kebetulan sy mau ikut pertukaran pelajar namun saya belum tau apa-apa

  22. kak aku tertarik banget sama program ini, kak katanya program AFS bayar, yang tidak bayar itu program YES. tapi dari cerita kakak, program AFS ini gratis. jadi gimana kak? doakan yaa kak semoga lulus🙂

    • To Ayu: Iya, program AFS sekarang bayar. Tapi angkatan sebelum saya masih gratis total. Saya ngga tahu kondisinya sekarang, tergantung donatur. Mdh2an gratis. Yang penting keep going dulu aja. Semoga lulus, goodluck!

  23. wah, sayang sekali. pasti sangat mengecewakan ya
    tapi baguslah jika anda bisa menerimanya dengan lapang dada dan beranggapan bahwa kesempatan yang lebih besar akan datang setelahnya😀
    saya salut sekali

    tapi saya benar-benar menyayangkan satu hal, yaitu kerja keras anda. anda sudah bekerja keras, kemudian mengundurkan diri hanya karena masalah finansial. menurut saya, alasan ini sedikit konyol, walaupun tidak sepenuhnya.
    jika anda benar-benar ingin mempertahankan kesempatan anda, saya pikir anda akan meluangkan waktu anda untuk sedikit mencari uang… mencari sponsor, membuka usaha kecil, atau menggunakan tabungan anda?
    tabungan itu benar-benar diperlukan.
    ini menjadi pelajaran anda dan saya juga sebenarnya.
    saya benar-benar berterima kasih karena anda telah membagi pengalaman anda yang luar biasa.
    Dan saya berkomentar disini, karena saya juga ingin membagi kepada anda tentang apa yang saya pikirkan mengenai artikel ini.

    semua apa yang anda tuliskan disini, sangatlah berkesan. mulai dari penggunaan kata dan cara penyampaian yang baik, benar-benar menarik perhatian saya. Kepribadian anda yang suka membaca, berpikir, dan menyukai hal-hal kontroversial seperti itu menjadi bukti bahwa anda memang pantas mendapatkan kesempatan pertukaran pelajar.
    dan hal-hal itulah yang membuat saya terpancing untuk mengemukakan pendapat kepada orang seperti anda

    keep your good job🙂
    semua keluarga, kerabat anda, pasti bangga akan pencapaian anda ini… tak terkecuali anda

    dan maaf jika saya baru melihat artikel ini beberapa tahun setelah anda menulisnya.

    • To Green4Hopes: Terimakasih atas komentarnya. Anda ada betulnya, saya mundur hanya karena masalah finansial, memang itu agak konyol. Namun pada kondisi umur yang semuda itu dan dimana informasi internet belum sederas sekarang, saya memaklumi diri sendiri atas keputusan yang saya ambil.
      Ini pelajaran bagi kita semua, yang membaca blog ini, termasuk diri saya sendiri. Saya sangat berharap anak2 Indonesia tidak ada yang mundur gara2 masalah finansial. Jadi saya sangat senang membantu adik2 yang bertanya tentang masuk kuliah. Ini yang bisa saya lakukan sebagai bentuk pewujudan harapan tsb.

    • Waktu saya dulu ada 4 tahap, cuma tahap dua dan tiga digabung jadi satu sesi. Tesnya pengetahuan umum n kepribadian. Most of all are non academic. It’s all about your personal quality.

  24. kak, masa aku baru kelas 8. sumpah deh, aku baca blog kakak aja udah takut bangetHAHAHAH:(. takut gaketerima. target aku cuma tahap 1 doang hehe. soalnya, kata aku, itu yang paling susah banget. gajelas2 banget sih pertanyaannya(kata kakak kelas aku dulu yang ikut AFS dulu) tp keterima, padahal dia jwbnya ngasal2/feeling. ada juga sih yang gangasal tp bisa keterima:( huhu aku yakin tahap 1 paling susah. sumpah aku kls 1 sma pengen banget itu AFS tapi takut gaketerima-_- itu nge down banget rasanya. kayaknya cuma org beruntung yang keterima-_-

    • To Emily: Memang iya, soalnya random bgt. Cuman rata2 orang lulus, bilang dia ngisinya ngasal. Padahal sebenarnya tidak, org2 tsb rata2 suka membaca dan pengetahuannya luas. Jadi begitu dikasi pertanyaan ngasal, sbenarnya dia pernah baca dan pernah tau, disitu lah main feeling. Jadi orang yang pengetahuannya luas, feelingnya lebih tajam, walaupun dia ngga yakin juga.
      Contoh lainnya,Saya pernah ikut tes Bank Indonesia, tes tulisnya benar2 ekonomi bgt. Tapi saya lulus.
      Jadi bukan orang yang beruntung yang keterima. Melainkan orang yang sudah bertahun-tahun mengingkatkan kualitas dirinya.

  25. Kak, kalau mengundurkan diri itukan ada konsekuensi2nya. Nah kalau boleh tahu, konsekuensi2 itu apa saja ya? Tolong dibalas ya kak.

    • To Arin:
      Mengundurkan diri sebelum melakukan pembayaran ngga ada konsekuensinya. Konsekuensinya hanya mengurangi jatah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s