Backpacking Asia Tenggara: Cambodia

Day 3

Welcome to Cambodia

Hari ini kami langsung berangkat ke Cambodia menggunakan bis Kumho Samco dengan harga tiket US$11, berangkat pagi pukul 9. Sampai di Phom Penh di pukul 15.00. Begitu sampai di phom phen, kami langsung mencari penginapan di daerah riverside, dengan harga $25 perkamar dengan tiga ranjang.

Kalau dibandingkan dengan jakarta, Phom Penh jauh ketinggalan, maklum negara ini baru selesai konflik. Sehingga ketika pertama kali saya sampai di Pnom Penh, yang terjadi adalah miss ekspektasi. Saya membayangkan ibu kota negara ini sangat metropolitan, ternyata tidak semegah yang saya bayangkan. Kota ini jauh sekali tertinggal di bandingkan dengan Jakarta.

Namun terdapat sisi eksotis di kota ini, yaitu suasana yang damai dan tidak ada hiruk pikuk. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk nongkrong di riverside. Angin sepoi2 membuat mata mengantuk. Tempat yang kami kunjungi adalah taman kota yang terletak di tepi sisi sungai. Di taman kota ini saya duduk2 menikmati sore hari. Uniknya disini bahasa inggris orang local bagus-bagus, hampir semua yang saya temui bisa berbahasa inggris. Kami menghabiskan waktu sore disini, menikmati sunset dan menikmati malam.

Satu hal yang agak janggal, disini banyak anjing berkeliaran, bahkan anjing dibiarkan lalu lalang di rumah makan saat kita sedang makan, sehingga membuat saya merasa risih.

Day 4

Bangun pagi2, lalu kami berjalan ke taman kota menghirup udara segar dan menikmati matahari pagi. Di taman kota ini banyak sekali burung merpati, berasa seperti di eropa. Ternyata ada orang yang jual makanan burung2 ini kepada wisatawan, agar burung2 ini mendekat begitu diberi makan.

Morning sun at PhomPhen

Di phom phen tidak ada attraction yang terlalu menarik, jadi hal yang bisa dilakukan adalah sightseeing. Kami berjalan kaki mengilingi pusat kota phom phen, mengunjungi tugu yang ngga jelas, melihat universitas phom phen, dll. Lalu dilanjutkan dengan menaiki tuk-tuk. Tuk-tuk adalah kendaraan seperti becak. Kami menyewa tuk-tuk ini seharga USD11. Pertama kami mengunjungi temple budha dengan arsitektur khas cambodia. Kedua kami ke pasar rusia, membeli suvenir untuk dijadikan oleh2. Terakhir kami turun di pasar lainnya dekat riverside, minum air es tebu. Setelah itu jalan kaki menuju penginapan.

Middle City

Keliling bersama Tuk-Tuk

Setelah mandi dan beres2, sekitar pukul 1 siang, saatnya menuju pool bus Kumho Samco, untuk balik menuju Saigon. Harga tiket balik lebih murah, yaitu USD11. Kami berangkat sekitar pukul 2 siang dari Phom Phen. Sampai di Saigon malam, sekitar pukul 9. Kami langsung saja menginap di hotel yang sama dengan yang sebelumnya.