Memilih Career Path

“Pilih kerja dimana ya???”

Pertanyaan ini seringkali muncul bagi orang-orang yang punya banyak pilihan untuk tempat kerja. Memang saat ini keadaan sosial berbeda dengan zaman orang tua kita dulu. Saat orang tua kita dulu masih seumuran kita, jadi PNS atau dapat pekerjaan apapun di kementrian itu sudah sangat hebat. Tidak ada pertanyaan “pilih kerja dimana ya???” yang mana pertanyaan ini erat sekali kaitannya dengan passion.

Makanya tidak heran orang tua saat ini menyuruh anaknya untuk daftar jadi PNS atau kementrian atau BUMN. Pasalnya kerja santai, tidak mungkin kena pecat, uang pensiun terjamin. Singkat kata, proyeksi hidup kita udah jelas lah (jelas tidak menantang, haha). Bagi anak muda zaman ini, hal itu sangat kontras sekali. Sekarang zaman telah berubah, saat ini bukan lagi soal jadi PNS atau asal dapat kerja. Saat ini ada banyak pilihan (tentunya bagi yang punya kualitas bagus), tinggal kita memilih yang mana passion kita. Sekarang adalah saatnya memilih pekerjaan yang anda sukai (sesuai dengan passion). Tentu saja hal ini tidak cocok dengan pemikiran orang tua anda-anda. Mereka pasti cemas anaknya bekerja di perusahaan swasta asing yang bisa saja dipecat kapanpun, dan uang pensiun entah seperti apa. Yaaah, mau gimna lagi, tidak mungkin merubah cara pikir mereka.

Seringkali pola pikir kita sudah sangat berbeda dengan mereka, jadi sehebat apapun kita berdebat dengan orang tua, tetap saja pola pikir mereka tidak akan terpengaruh. Nah, lalu apa yang harus kita lakukan? yang harus kita lakukan adalah, ikuti kata hati sendiri, ikuti passion kalian. Tenang saja, selagi kita adalah orang berkualitas, bekerja dimanapun tidak jadi masalah, pindah2 kerja itu biasa. Buktikan pada orang tua tersebut bahwa begini lah zaman saat ini, and “welcome to my new life”.

Ok, setelah tahapan diatas terselesaikan, tentu tahap berikutnya adalah bagi diri kita sendiri untuk merencanakan karir dan memilih jalur karir yang tepat. Hal yang perlu diperhatikan adalah:

1. Passion dan capability anda

2. Peluang yang ada

Bagi anda yang berkualitas bagus, pasti akan mendapatkan banyak peluang/pilihan tempat kerja. Untuk memilih jalur yang sebenarnya baik untuk anda, tentu tidak mudah. Sebab terkadang kita tidak tahu tentang apa sebenarnya yang kita suka. Bagi kita yang masih muda dan dibawah umur 25, adalah saatnya mencari pengalaman, bukan cari tempat kerja yang santai dan banyak uang. Inilah saatnya mencari tantangan terberat, untuk membentuk menempa diri. Abaikan dulu komentar2 orang tua anda, wajar jika mereka mencemaskan kondisi kerja anda yang misalnya sibuk, atau di offshore atau di luar negri.

Kuatkan hati pada pekerjaan apa yang anda senangi, pilihlah pekerjaan yang menurut anda itu paling cocok dengan kepribadian anda. Sebab, bekerja sesuai dengan passion, maka hasilnya akan maskimal, diatas yang ada harapakan. Jangan jadikan gaji menjadi faktor utama dalam memilih kerja. Ketika anda sudah perpengalaman, tenang saja, itu lah saatnya anda manaruh harga tinggi. Anda bisa pindah ke perusahaan apapun.

Ketika anda merasa tidak nyaman dengan kondisi pekerjaan yang sekarang, tidaklah salah bagi anda untuk resign dan mencari pekerjaan di perusahaan lain. Sebab, tidak semua orang tau apa yang sebenarnya dia senangi, terkadang kita tidak tahu apa sebenarnya yang kita senangi sampai kita mencoba dan menemukannya. Jadi jangan takut dibilang kutu loncat, hanya orang yang iri akan mengatakan itu pada anda, karena tidak semua orang bisa jdi kutu loncat. Pindah2 perusahaan tidak menyalahi profesionalisme. Profesional adalah anda bisa mempertanggungjawabkan gaji yang diberikan dengan kinerja yang maskimal. Diluar itu, dunia milik anda.

Jangan sampai salah memilih career path. Seandainya untuk mencapai karir yang anda sukai, anda tersendat oleh batasan degree, anda bisa mengambil kuliah lagi. Ambil jurusan yang sesuai dengan rencana karir anda kedepannya. Semoga kita semua dapat dengan bijak memilih career path yang paling sesuai dengan diri sendiri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s