Tips Menjalani Psikotest dan Tes Tertulis

Saya ingin memberikan sedikit tips terkait psikotes dan tes tertulis. Mudahan2 tulisan saya ini dapat membantu bagi yang akan mengikuti tes kerja atau kuliah. Saya memeberanikan diri untuk menulis ini karena sepengalaman saya, saya belum pernah tidak lulus psikotes dan tes tulis, Alhamdulillah selalu lulus.

Untuk psikotes tertulis:

1. Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah kesehatan. Pada saat menjalani tes harus dalam kondisi fit, karena tes tertulis biasanya waktunya singkat2, terkadang menuntut konsentrasi tinggi.

2. Datang 30 menit sebelum mulai tes. Datang lebih awal membuat kita lebih siap secara mental, tidak terburu-buru. Sehingga pada saat memulai tes, pikiran kita sudah tenang.

3. Jawab dengan jujur dan seadanya tanpa beban “harus lulus”. terkadang banyak orang yang tidak menjadi dirinya sendiri dalam menjawab, dalam artian memilih jawaban dengan harapan bahwa dia dinilai begini begitu. Padahal itu salah besar, sebab jika kita tidak mengisi dengan jujur, maka dari hasil keseluruhan, akan terlihat anomali atau ketidakkonsistenan kepribadian. Jangan bebani diri dengan kalimat “harus lulus”, jalani dengan rasa percaya diri yang tinggi.

4. Jawab dengan hati-hati tapi jangan terlalu banyak pikir. Do it flow like water.

Untuk psikotes lisan:

1. Psikotes lisan biasanya bertujuan untuk memfollow up hasil psikotes tertulis. Jadi jawablah apa adanya, jawablah dengan jujur dan penuh percaya diri. Jangan takut kepada interviewer, anggaplah dia teman curhat, sehingga kita bisa menceritakan semuanya dengan jujur. Yang paling penting adalah berani dan pecaya diri. Tapi jaga jangan terkesan sombong.

2. Tunjukkan motivasi & antusiasme yang tinggi.

3. Jawaban jelas dan tidak bertele-tele. Kalau memang pertanyaannya susah, minta waktu berpikit 2-3 menit its ok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s