Tahukah anda? Part.1

JENIS-JENIS GAS

LNG atau Liqufied Natural Gas adalah gas alam cair yang telah diproses untuk menghilangkan ketidakmurnian dan hidrokarbon berat, untuk kemudian dikondensasi menjadi cairan pada tekanan atmosfer dengan mendinginkannya sekitar -160 derjat celcius.

CNG atau Compressed Natural Gas adalah gas yang terkompresi sebagai alternatif bahan bakar. Di Indonesia CNG dikenal sebagai bahan bakar BBG, yang lebih bersih dibandingkan bensin atau solar, karena emisi gas buangnya ramah lingkungan.

LNG dan CNG, sama-sama gas alam, bedanya LNG dalam bentuk cair, CNG gas alam terkompresi.

LPG atau Liquified Petroleum Gas merupakan gas hasil produksi dari kilang minyak atau kilang gas, yang komponen utamanya adalah gas propane (C3H8) dan butane (C4H10) yang dicairkan.

ELPIJI adalah merek dagang LPG yang dipasarkan oleh Pertamina untuk masayarakat Indonesia sebagai kebutuhan atau penggunaan bahan bakar. Masayarakat Indonesia umumnya menyebut LPG sebagai ELPIJI.

LGV atau Liqufied Gas for Vehicle sering disebut Vi-Gas, merupakan bahan bakar gas yang diformulasikan khusus untuk kendaraan bermotor yang menggunakan spark ignition engine terdiri dari campuran propane (C3H8) dan Butane (C4H10). Bahan bakar ini sudah banyak digunakan oleh kendaraan umum seperti taksi dan angkutan kota, dan kendaraan umum lainnya.

 

Sumber: PT Pertamina (persero)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s