Kuliah Online di Coursera dan EDX

Saat ini dunia semakin kecil, dunia ada didalam sebuah komputer. Apapun yang ingin kita akses, semua tersedia di internet. Salah satunya adalah pendidikan. Saat ini pendidikan begitu mudah didapat. Ilmu pengetahuan dengan mudah dapat di share. Keadaan ini sangat berbeda dengan 5 tahun lalu, dimana akses ilmu pengetahuan tidak semudah sekarang.

Saya teringat dulu sewaktu masih SMA, begitu sulit untuk mendapatkan beasiswa ke luar negri. Yang dapat hanya orang-orang tertentu yang mempunyai akses ke kementrian pendidikan, atau sekolah swasta yang punya akses ke luar negri. Saat ini semua sangat berbeda, bahkan saat ini kita bisa kuliah online dan mendapatkan sertifikat, yaitu di http://www.coursera.org atau http://www.EDX.org

1. http://www.coursera.org

Webiste ini dimiliki oleh startup company di US. Lihat http://techcrunch.com/2013/01/31/coursera-wins-best-new-startup-of-2012-get-schooled/. Sejumlah top class university bergabung disini menyediakan mata kuliah secara online, yang dapat diikuti oleh siapapun di seluruh dunia. Kuliah online disini layaknya kuliah di dalam kelas, lengkap dengan materi mingguan, kuis, ujian term, ujian akhir, dan forum diskusi. Setiap ujian dan kuis mempunyai deadline yang ketat, jika terlambat, bisa dikenakan pengurangan nilai, bahkan tidak dapat nilai sama sekali.

Terdapat beberapa mata kuliah yang jikalau kita lulus, maka bisa mendapatkan sertifikat dari American Council on Education’s College Credit Recommendation Service (ACE CREDIT). Kuliah tersebut kreditnya diakui di universitas di USA. Menarik bukan? manfaatkan lah fasilitas yang serba mudah sekarang. Jangan bersedih hati jika kita belum dapat kuliah di Stanford, Harvard atau Princeton. Kita bisa mengambil mata kuliah yang pelajarannya persis seperti yang diajarkan di bangku kuliah sana.

2.www.edx.org

EDX merupakan situs kuliah online kedua. Bedanya dengan coursera, universitas yang bergabung disini sedikit, yaitu: MIT, Harvard Univ, Berkeley California, Texas Univ, McGill, ANU, Wellesley, Georgetown Univ, Toronto Univ, Rice Univ, TUDelf, dan Ecole Polytechnique.

Dari sisi tingkat kesulitan, memang kuliah yang ditwarkan disini mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. namun dibalik itu, dosen yang mengajar adalah dosen yang telah sangat berpengalaman dibidangnya masing2, pakar yang telah diakui dunia. banyak sekali mata kuliah yang ditwarkan disini, tersedia untuk semua bidang. Mulai dari ilmu sosial sampai ilmu engineering.

Khususnya bagi pelajar2 Indonesia, manfaatkanlah kesempatan ini dengan baik. Anda tidak harus ke Harvard untuk mendapatkan sertifikat kelulusan mata kuliah Harvard. Saya sendiri sudah memanfaatkan fasilitas ini sejak Agustus 2012. Sangat menyenangkan, and I am very excited!!

9 thoughts on “Kuliah Online di Coursera dan EDX

      • jadi bayar na itu pas mau register itu bkn sih???yg pas awal aja….terus nanti krim foto itu apa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s